Minggu, 10 November 2013

BATASAN ILMU EKONOMI (general economics)

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang membahas upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan dengan alat pemuas kebutuhan berupa barang dan jasa. Jadi upaya pemenuhan kebutuhan dan cara pemuasan kebutuhan merupakan masalah utama dalam ilmu ekonomi. Sementara itu alat pemuas kebutuhan yang berupa barang dan jasa jumlahnya terbatas sedangkan kebutuhan yang beragam tidak terbatas sehingga timbulah istilah kelangkaan atau sulit ditemukan dan memerlukan pengorbanan. Kelangkaan inilah yang selalu menimbulkan masalah yang harus  di atasi.
A.    Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan.
Kebutuhan manusia sifatnya tidak terbatas baik dalam jumlah maupun mutunya. Sedangkan alat pemuas kebutuhan yang berupa barang danjasa sifatnya terbatas,langka,serta selalu mempunyai kegunaan alternatif.
TERBATAS artinya jumlah barang dan jasa yang di perlukan manusia itu tidak selamanya ada dan mudah di peroleh, maka sangat diperlukan inovasi-inovasi yang baru dan terbarukan demi memenuhi kebutuhan manusia, contonya; kebutuhan terhadap listrik yang dulu hanya menggunakan bahan bakar minyak, dikarnakan cadangan minyak bumi menipis Negara di seluruh dunia berlomba-lomba mencari alternative Pengganti minyak bumi, diantaranya seperti tenaga nuklir, air, angin, batu bara, suria, bahkan uap dari sampah, serta baru-baru ini anak SMK asal Indonesia berhasil menemukan alat pembangkit listrik tenaga hujan. Tentu ini wujud dari kelangkaan serta tidak terbatasnya kebutuhan manusia.
B.     Mempunyai kegunaan alternative
Mempunyai kegunaan alternative artinya bahwa barang dan jasa dapat digunakan dalam berbagai kemungkinan perolehan manfaat yang berbeda-beda. Contonya; air bersih bisa untuk minum, mencuci, memasak, dan mandi.

Upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan ini pada dasarnya tak pernah berakhir, karna sifat kebutuhan manusia tak terbatas, demi satu hal yaitu brtahan hidup. Disinilah ilmu ekonomi berperan untuk membantu manusia menentukan pilihan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan yang berupa barang dan jasa. Ilmu ekonomi selalu membahas upaya manusia untuk menemukan cara yang terbaik, paling tepat,dan paling hemat.
Dengan demikian kegiata ekonomi artinya berbuat paling tepat,paling hemat sehingga barang dan jasa yang dimiliki manusia dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang memang harus didahulukan agar terhindar dari sifat pemborosan.
2.      BARANG DAN JASA
Barang adalah segala benda baik yang berupa fisik dan non fisik yang berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh; makanan, rumah, kendaraan, dan sebagainya.
Sedangkan jasa adalah benda berbentuk nir-fisik (bukan dalam bentuk fisik) yang berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh; hiburan, pendidikan, perwat, dokter, ahli hukum, guru, penceramah, dan sebagainya.
3.      BENDA EKONOMI DAN BENDA BUKAN EKONOMI
Barang dan jasa dalam ilmu ekonomi disebut benda ekonomi atau benda yang memerlukan pengorbanan untuk mendapatkanya. Pengorbanan artinya;  hal yang harus dicurahkan,dikeluarkan, atau disisihkan dan dibeli guna memperoleh sesuatu yang diinginkan, yang dapat berupa tenaga, waktu, uang serta modal.

Lawan dari benda ekonomi adalah benda bukan ekonomi. Benda bukan ekonomi adalah benda-benda yang untuk memperolehnya tidak memerlukan pengorbanan atau disebut dengan benda bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar