(ENTERPRENEUR
STUDENT PROGRAM)
BAGI
MAHASISWA PTN DI LINGKUNGAN KOMPETIS WILAYAH PONTIANAK
TAHUN 2012
Judul Rencana Usaha :PENJUALAN
PERLENGKAPAN DANAKSESORIS SEKOLAH YANG DISESUAIKAN
DENGAN STANDAR ATURAN SEKOLAH YANG BERLAKU
Nama & Alamat PTN : UNIVERSITAS TANJUNGPURA
JL. JENDRAL AHMAT YANI
PONTIANAK
Nama / NIM. Ketua Tim :AMIN SINARJO (F31111008)
Nama / NIM. Kelompok :MUHAMAD ZAINAL (F31111028)
:IGNASIAUS MINGGUS (F3111158)
: FRANSISKUS PATRA RANTOMY (F31111056)
: WAHONO (F31111015)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
KOORDINASI PERGURUAN TINGGI NEGERI
DAERAH PONTIANAK
TAHUN 2012
PROPOSAL/USULAN
PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA
(ENTERPRENEUR STUDENT PROGRAM)
BAGI MAHASISWA PTN KOMPETIS WILAYAH KALIMANTAN BARAT
TAHUN 2012
Judul Rencana Usaha :PENJUALAN
PERLENGKAPAN DANAKSESORIS SEKOLAH YANG DISESUAIKAN
DENGAN STANDAR ATURAN SEKOLAH YANG BERLAKU
Nama & Alamat PTN : UNIVERSITAS TANJUNGPURA
JL. JENDRAL AHMAT YANI,
PONTIANAK.
Nama / NIM. :AMIN
SINARJO
:MUHAMAT
ZAINAL
:IGNASIAUS MINGGUS
A.
Dosen Pembimbing
Ø Nama : BAMBANG G.S,
Ø Fakultas / Jurusan / Program Studi
: FKIP / KOPERASI,
Ø Nama PTN :
UNIVERSITAS TANJUNGPURA.
Ø NIP
:
Waktu Pelaksanaan : 1
Oktober 2012 –1 Oktober 2014,
Kegiatan / anlisa :
14 juni 2012,
Dimulai beroperasi :
1 Oktober 2012.
Biaya yang diusulkan :Rp100.000.000,-( SERATUS JUTA RUPIAH).
Pontianak, 15 September 2012
Mengetahui :
Dosen Pembimbing,
Bambang G.S
NIK
|
Ketua Tim /
Penanggungjawab,
AMIN SINARJO
NIMF31111008
|
Ringkasan Proyek
A. MANAJEMEN
Ø
Nama Unit Usaha : RITEL
UNITED CORPORATION
Ø
Nama produk
dan underlicense : U AND C.scl
Ø
Nama
Pimpinan :
AMIN SINARJO
Ø
Bidang
Usaha :PENJUALAN PERLENGKAPAN DAN
AKSESORIS SEKOLAH
Ø
Marketing
dan Internet Marketing (sementara) : 4
ORANG
Ø
Jumlah
Karyawan produksi (sementara) :
20 ORANG
B. PEMASARAN
Ø Produk yang Dipasarkan : Perlengkapan
sekolah yang Berkualitas
Ø
Sasaran
Konsumen : Remaja (Pelajar dan Mahasiswa)
Ø
Wilayah
Pemasaran :Kota Pontianak (Direct Marketing) dan Kalimantan Barat (Internet Marketing).
Ø Rencana Penjualan minimum /Bulan : Rp58.637.500
Ø
Penetapan
Harga Jual
ü Aksesoris :
Bervariasi
ü Celana dan rok panjang :Rp. 59.900
ü Baju lengan panjang :Rp. 49.890
ü Celana dan rok pendek : Rp. 44.500
ü Baju lengan pendek :Rp. 29.990
o
Satuan Seragam satu set dengan aksesoris (ikat
pingggang, jam tangan, topi, dasi, sepatu, dll)
o
laki-laki :
Rp. 487.900
o
perempuan :
Rp. 499.500
·
Direct
marketing : Ditetapkan
·
Internet
marketing : Disesuikan
(“belum di kurangi dengan potongan harga”)
C. PRODUKSI/
OPERASI
Ø
Kapasitas Penjualan : Rp. 130.340.000
Ø
Ketersediaan
barang : Rp.12.345.600
Ø Fasilitas/ Sarana Pemasaran :
Toko/ Kios serta
menjalin kerjasama dengan koperasi sekolah.
D. KEUANGAN
Ø
Total
Pembiayaan Proyek : Rp.47.000.000
Ø
Modal
Sendiri
: Rp. 12.345.600
Ø
Biaya yang diusulkan
: Rp. 100.000.000
Ø
Rencana
Penjualan per-Tahun (Rp) : Rp. 897.200.000
Ø
Keuntungan
per-Tahun (Rp) : Rp. 549.424.080
Ø
Return On
Investment (ROI) : 24 Bulan
Ø
Break Even
Point : 12 Bulan
I. Latar Belakang
1.1. Dasar Gagasan Usaha
1.1.1. Pendahuluan
Kebutuhan akan sandang
merupakan kebutuhan primer setiap orang. Secara khusus
di lingkungan sekolah, kebutuhan
terhadap perlengkapan sekolah dan aksesoris kian bertambah seiring
dengan perkembangan ekonomi dan kependidikan yang bisa dilihat dari fasilitas-fasilitas
sekolah yang menyebabkan kebutuhan akan perlengkapan dan aksesoris sekolah ini
semakain kompleks, yang tentunya ditunjang dengan daya beli yang seimbang
karena perkembangan ekonomi yang stabil. Dari tahun ke tahun peningkatan permintaan dari produk ini sangatlah pesat. Untuk memenuhi
tren positif
saat ini diperlukannya unit usaha yang dapat menyediakan produk tersebut, kami jelas melihatnya sebagai peluang. Dari sini memang kelihatan
kalau kami sedang serius membidik pasar remaja, bahkan secara khusus kami
membidik pasar remaja yang bersekoloah. Iya, sedikit memang orang yang
beranggapan kalo bidikan kami akan tepat. Tetapi ketika anda melihat
meningkatnya penduduk usia muda dan minat sekolah kian pesat, anda akan
melihatnya sebagai peluang bisnis besar, dan anda tidak akan senang jika ada
orang yang meragukan anda.
Di produk ini Memang banyak pesaing
dipasaran baik yang sifatnya bisnis waralaba dan pasaran tetapi kita belum
melihat adanya inovasi marketing dalam meningkatkan penjualan, dan masih berkutat
pada produk marketing yang menawarkan perlengkapan dan aksesoris berkualitas dengan harga terjangkau.
Nah, disinilah letak celah dimana kita harus masuk, kita bukan hanya akan
menawarkan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, aspek pasar
dan pemasaran menjadi perhatian penting bagi kami, niat baik dengan kerja
sama yang salin menguntungkan dengan
sekolah/koperasi sekolah akan kami jalin secara intens dan secara otomatis
produk kami langsung masuk kelingkungan sekolah sehingga mudah diakses oleh
para konsumen dan calon konsumen, demi memenuhi target penjualan dan menguasai
pasar. Setelah kerjasama yang intens itu tercapai maka kami tidak perlu lagi
gencar melakukan kegiatan promosi, sehingga biaya promosi bisa ditekan
sedemikian rupa demi mencapai efesinsi biaya usaha, yang perlu kami pikirkan
adalah ekspansi, ekspansi dan ekspansi bisnis sekaligus produk kami. Karena pada
pasar yang telah dikuasai ini umumnya adalah para remaja mereka bisa di jadikan
solusi jangka panjang masalah promosi, karena kami menganggap mereka konsumen
sakaligus sales lewat pembicaraan dan dari mulut kemulut para remaja tersebut.
Perkembangan penawaran disektor Reseller Pakaian dan Aksesoris pada saat ini memang umum telah dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena
sektor usaha ini sudah dibidik secara serius oleh para pengusaha. Oleh karena
itu, tidak menutup kemungkinan untuk meningkatkan penjualanToko/Kios Pakaian dan Aksesoris ini menjadi prosfektif maka perlu
peningkatan penawaran yang memberikan nilai lebih bagi konsumen dengan cara
mendiskon harga dengan ketentuan yang berlaku.
Mengingat adanya peluang yang besar dalam
usaha Toko/ Kios perlengkapan dan Aksesoris
sekolah pada masa yang akan datang, maka perlu adanya
penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen.
Penawaran tersebut akan semakin variatif (lebih banyak produk marketing yang
ditawarkan dalam hal ini tidak dimiliki oleh pesaing) maupun lebih kompetitif
karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memberikan
kemudahan dalam melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi.
1.1.2. MANFAAT
2.1. Manfaat Ekonomi
Usaha ini dapat
memberdayakan kami
sebagai pengusaha demi meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, sehingga dapat mengurangi beban keluarga dalam membiaya
pendidikan kami dan para mahasiswa lain yang terlibat.
2.2. Manfaat Sosial
Tidak menutup kemungkinan kami akan
membuka cabang baru untuk memperluas wilayah pemasaran.kami ingin berperan lebih dalam memajukan pendidikan, dan
menjaga stbilitas perekonomian nasional karena kemungkinan besar lebih dari
sebagian barang-barang yang kami pasarkan merupakan produktifitas nasional dan
bahkan produk yang berada di bawah license kami yang akan segera kami daftarkan,
kami juga berHarapan setiap tahunnya ada Cabang baru yang akan kami dirikan. Hal ini
jelas dapat merekrut dan membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat
mengurangi angka pengangguran di Indonesia.
Kami juga ingin merubah paradigma
masyarakat pontianak khususnya, mengepak mata mereka bahwa dalam
diri mahasiswa meliliki potensi wirausaha dan bisa bersaing menjual barang-barang yang
berkualitas dengan harga murah yang tidak kalah dengan Toko/produk pada umumnya, tidak seperti sekarang ini bahwa
masyarakat pontianak khususnya Mahasiswa/Pelajar malu
kalau beli pakaian mereka tersebut produk
anak negeri yang notabenebarang-barang
yang dijual tidak berkualitas. Hal ini hanyalah paradikma yang salah. Kami akan menerapkan metode dengan
mengikuti perkembangan zaman, pengelolaanya juga secara profesional dan modern.
1.1.3. Prospek Pasar
Kebutuhan perlengkapan dan aksesoris sekolah
akan mudah menganalisis karena usaha ini dirintis dengan pasar sasaran yang
sangat khusus,dengan pasar yang sangat prosfektif, hal ini telah dibuktikan berdasarkan hasil analisa kami yang telah
kami lakukan selama 2 bulan. Kalkulasinya demikian Terdapat 500 siswa
pendaftar baru satuan pendidikan SMA di sekolah X, yang di terima hanya 340
siswa kelas 10, IPA/IPS (A,B,C,D) ( angka ini menunjukan minat sekolah remaja
yang begitu besar), awal masuk sekolah mereka punya kewajiban memenuhi
kebutuhan pokok seperti seragam sekolah, di sekolah X ini dalam satu pekan
mereka mengunakan 4 (empat) seragam berbeda yaitu putih-abuabu, batik, pramuka, dan olahraga.
Ini menghasilkan penghitungan matematis 4 x 340 = 1360 (seragam) x 2 = 2720
helai pakaian. Perlu di ketahui hitungan ini hanya gambaran potensial market,
data ini belum ditambah dengan kebutuhan kelas 11 dan 12, penjualan aksesoris,
serta tidak menutup kemungkinan kami akan bekerja sama dengan lebih dari satu
sekolah untuk kepentigan ekspansi kami.
1.1.3.1. Asfek
pasar
3.1.1. Gambaran Umum Pasar
1. Jenis produk yang dipasarkan adalah Perlengkapan dan Aksesoris sekolah yang berkualitas dengan harga
kompetitif, dengan kebijakan
marketing yang inovatif.
2. Wilayah Pemasaran mencakup daerah Kota Pontianak untuk sistem penjualan langsung atau Direct
Marketing dan seluruh wilayah Kalimantan
Barat untuk sistem e-commerceatau internet marketing dan Media Katalog karena kami juga melayani pesanan dan percetakan dalam
meningkatkan kemandirian produk kami, karena kami tidak hanya akan menjual
tetapi memproduksi barang di bawah underlicensi kami yaitu; U AND C.scl. karena
bagi kami menjual dan mendistribusikan hanya sebagai stabilisator stok barang
dan sifatnya sementara.
3.Yang menjadi
segmen dari usaha Penjualan Pakaian
dan aksesoris ini adalah
a. Segmen pasar Khusus siswa baru (untuk tipe Penjualan secara direct marketing
atau penjualan dengan
system dengan tempo sesuai perjanjian dengan sekolah) baik sekolah dasar, SMP,
SMA sederajat.
b. Segmen Pasar Umum baik
sekolah dasar, SMP, SMA sederajat. untuk siswa baru dan lama baik seragam
maupun aksesoris (Untuk tipe
penjualan internet marketing dan direct marketing baik
yang menggunakan media Katalog dan
Pembelian langsung di situs www.ul@unc_scl.netatau barang-barang yang sudah kami pasok ke koperasi sekolah dengan
system korporation.
3.1.2. Strategi Pemasaran Perusahaan
Strategi pemasaran yang dilakukan :
a. Keterangan
Produk
- Mutu :
pakaian dan Aksesoris sekolah yang dipasarkan adalah mutunya terjamin danberkualitas, yang menawarkan peroduk marketing yang
inovatif dan kerjasama yang saling menguntungkan dengan kemudahan
bertaransaksi.
- Ukuran : free size
- Kemasan :
Tidak ada kemasan atau
masih berlabel (produk dengan brand
original), kecuali
aksesorissebagian ada yang berkemasan.
b. Harga Produk
- Harga : bervariasi
-
Syarat pembayaran : Cash tunai atau transfer Bank
- Potongan :
Kami akan memberikan diskon 5% setiap pembeliandiatas Rp10.000.000,- dan 7% untuk pembelian diatas 15.000.000 serta 10% untuk
pembelian diatas 25.000.000. untuk system pesanan dengan pembayaran cash oleh
koperasi sekolah maupun waralaba sejenisnya,
c. Jalur Penjualan
Dengan
adanya produk yang kami tawarkan di atas, sehingga, Ada tiga produk marketing yang kami terapkan yaitu :
1.
Direct Selling
Kami akan melakukan
penjualan langsung di Khatulistiwa Plaza dengan sistem pembagian waktu jaga Kios/ Lapak
yang dimulai dari pukul 8.00 WIB s.d 16.00 WIB.
2.
Internet Marketing
Kami akan menjual
produk kami lewat internet dengan situs pribadi yang telah kami miliki yaituwww.ul@unc_scl.netdengan konsep e-commerce, webdesign,sehingga konsumen di situs kami bisa cek
harga, cek model (melihat gambar + Keterangan produk), cek persediaan, cek
ukuran, dan dapat melakukan pembelian langsung di situs kami. Pembayaran dilakukan
dengan cara transfer bank, e-banking, maupun langsung.
3.
Media Katalog
Kami juga akan
menyebarluaskan bisnis kami ini dengan media Katalog yang akan dipasarkan lewat
Website kami yaitu www.ul@unc_scl.netdengan sistem merekrut reseller/ agen baru sebagai upaya untuk
mengembangkan wilayah pemasaran produk kami dengan target yaitu seluruh wilayah
Indonesia. Katalog ini akan kami berikan kepada pemesan/ calon agen/ calon
reseller seharga Rp40.000,-/ Katalog yang berisi daftar harga pakaian dan
aksesoris serta gambar yang menarik.
Beragam keuntungan bisnis
lewat Katalog ini, antara lain :
-
Modal kecil,
-
Hanya bermodalkan katalog,
-
Katalog berisikan bermacam-macam produk perlengkapan dan aksesoris sekolah beserta daftar harga dasar serta harga jual,
-
Bisa dijalankan oleh siapa saja seperti : Ibu Rumah Tangga,
Pelajar/Mahasiswa/i, Pegawai, Pemilik Distro/Toko, Agen, dan lain-lain.
-
Tidak perlu menyetok barang,
-
Tidak ditentukan target penjualan (bagi reseller),
-
Harga disesuaikan sendiri, sesuai target pasar yang dituju,
-
Barang bisa di retur, dan masih banyak yang lainnya.
PAKET
ESKLUSIF:
Anda Melakukan pembelian pertama senilai minimum Rp1.000.000 maka anda akan
mendapatkan Katalog dan panduan bisnisnya secara gratis.
PAKET BISNIS: Anda Melakukan pembelian
pertama senilai minimum Rp500.000 maka anda akan mendapatkan Katalog dan
panduan bisnisnya dengan diberikan diskon sebesar 50% dari harga Katalog yaitu
sebesar Rp20.000,-
PAKET
EKONOMI:
Anda tidak perlu melakukan pembelian barang, cukup bermodal Katalog saja seharga Rp40.000,- anda dapat melakukan bisnis anda di
rumah dan melakukan transaksi dengan kami mudah dan cepat.
2. Setelah mendapatkan
katalog, anda mengirimkan biodata untuk menjadi agen/ reseller smart-3 Toko/ Kios Pakaian dan
Aksesoris Online, ke alamat email adminwww.ul@unc_scl.net format sbb:
o Nama
Lengkap :
o No
HP :
o Email :
o Alamat
Lengkap :
Atau SMS
ke 085664988830, dengan format :
Nama Lengkap/ No HP/ email/ Alamat Lengkap
2. Transaksi agen akan kami
anggap sah jika transaksi agen sesuai dengan biodata anda,
4. Awal pembelanjaan minimal 5 buah, selanjutnya minimal 3 buah,
5. Pada awal pembelanjaan berlaku harga dasar bagi agen,
6. Kami akan memberikan cash back langsung setiap transaksi sebesar 5 % apabila pembelanjaan minimal Rp. 3.000.000,-
7. Kami akan memberikan langsung beragam bonus menarik apabila pembelanjaan minimal
Rp. 10.000.000,-
8. Ketentuan retur barang
Garansi
dari kami,
apabila dari pesanan atau order (produk katalog) terdapat produk yang tidak
cocok warna, model, ukuran dan rusak (cacat produksi), maka produk dapat diretur (ditukar) kembali pada kami dalam waktu 2
minggu setelah keluar retur pembelian, dengan
ketentuan kondisi tag (label stiker dan brand) masih utuh,
layak dijual kembali, serta tidak rusak/ kotor dengan catatan; ongkos kirim
ditanggung agen.
d. Promosi
Promosi dilakukan
dengan penyebaran brosur,
leaflet, Katalog, dan Kami akan melakukan iklan diinternet dan jejaring sosial untuk
menjual produk yang kami tawarkan dengan mendaftarkan situs kami pada layanan
penyedia iklan di internet. Dan memasang banner pada situs yang relevan untuk
mempromosikan keberadaan Toko/ Kios Online kami ini. Dan juga kami akan membuat
grup di Facebook dan twitter sebagai langkah mempercepat penjualan dan forum
diskusi mengenai produk-produk yang kami tawarkan.
2.4. Analisis
Pesaing
No.
|
Uraian
|
Toko/Kios
ul@unc_scl.net
|
Perusahaan
Pesaing
|
||
Kios
Uda
|
Kios
Riky
|
Kios
Ma’am
|
|||
1.
|
Harga Jual
|
Bervariasi tapi kompetitif
|
bervariasi
|
bervariasi
|
bervariasi
|
2.
|
Mutu Produk
|
Berkualitas
|
biasa
|
biasa
|
biasa
|
3.
|
Kemasan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4.
|
Promosi
|
Dilakukan
|
-
|
-
|
-
|
5.
|
Merk
|
Under license
Kualitas terjamin
|
Merek tidak terkenal
|
Merek tidak terkenal
|
Merek tidak terkenal
|
6.
|
Potongan Penjualan
|
Pembelian cash diatas Rp10.000.000
dapat diskon 5%
|
Tidak ada diskon
|
Tidak ada diskon
|
Tidak ada diskon
|
7.
|
Bentuk Pembayaran
|
Tunai untuk Direct Marketing/ Transfer Bank untuk Internet Marketing
|
Tunai
|
Tunai
|
Tunai
|
8.
|
Pelayanan
|
Kepuasan konsumen kami utamakan, Konsumen dilayani
dengan ramah dan penuh perhatian dengan profesionalitas
|
Konsumen terkadang diabaikan, ketika mereka lagi
makan atau ngobrol
|
Konsumen terkadang diabaikan,
ketika mereka lagi makan atau ngobrol
|
Konsumen terkadang diabaikan,
ketika mereka lagi makan atau ngobrol
|
2.5. Metode
Promosi & Biaya Promosi
Metode Promosi
|
Wilayah Sebaran
|
Biaya (Rp)
|
Penjualan
Katalog
|
Seluruh wilayah Indonesia
|
40.000
|
Mouth to
Mouth
|
Kota pontianak, Wilayah Kampus FKIP, universitas
tanjungpura.
|
-
|
Penyebaran Brosur, leaflet
|
Kota pontianak
|
50.000
|
Pembuatan Website
e-commerce
|
|
660.000
|
Iklan di internet
|
Seluruh dunia, karena website www.ul@unc_scl.netada translate tools
nya.
|
30.000
|
TOTAL BIAYA
|
780.000
|
2.
Aspek Operasi
2.1. Produk
1. Ciri-ciri produk
a. Berukuran S,M,L,XL/free
size untuk pesanan kerjasama (cooperation to cooperation)
b. Warna disesuikan dengan
pesanaa/bervariasi disesuaikan dengan
permintaan
c. Pakaian berbahancotton berkualitas
d. brand terjamin
kwalitasnya.
e. Aksesoris disesuaikan dengan kebutuhan dan peraturan sekolah yang dipasok.
2. Kegunaan Utama Produk
a.
Untuk
memenuhi kebutuhan dasar anak usia
sekolah.
b.
Untuk
mengikuti tren/ fashion
anak sekolah agar mereka tampil
berani dalam berpakaian seperti propesionalis sekolah.
c.
Untuk
menanamkan kepercayaan diri pada
anak usia sekolah bahwa berpakaiaan rapi itu tidak kampungan/kolot (sepeti yang
di bayangkan), justru sebaliknya mencermintan kekayaan intlektual,wawasan serta
pengetahuan.
2.2. Proses Operasi
Skema/ Bagan Alur Proses Operasi
PEMBELIAN TUNAI PERSEDIAAN
PENJUALAN TUNAI PERSEDIAAN
Untuk penjualan lewat transfer bank/internet marketing, dan ATM, dengan
catatan; dengan mengirimkan bukti tranfer
kepada agen/reseller lewat berbagai fitur online ataupun pesan MMS.
Untuk
penjualan tunai secara langsung atau direct
marketing.
2. Persyaratan Pembelian Persediaan
Pembelian Pakaian dan Aksesoris
berdasarkan standar mutu yang baik dengan memperhatikan kualitas bahan, warna, yang tidak luntur dan tahan lama.
3. Ketersediaan dan kesinambungan Persediaan
Persediaan
untuk sementarapersediaankita beli dari daerah lain yaitu di Kota Bandung sebagai pusat konveksi
dan pusatKota Yogyakarta, seperrti pakaian batik dan aksesoris khas Jogja. Karena bagian produksi kamu untuk pertama ini
tidak akan mampu memenuhi permintaan pasar yang akan bergejolak pada setiap
semester ganjil maupun genap.
3. Aspek Organisasi, SDM dan Manajemen
3.1.BIODATA USAHAWAN
Nama : Amin sinarjo
Jabatan : Manager
Tempat dan Tgl Lahir : Na Jajang,29juni 1993
Alamat Rumah : Jl. Paris 1
Nomor HP : 085654696659
Alamat
Email : Aminsinarjo@gmail.com
Nama :
Muhamad Zainal
Jabatan :
Bagian Persediaan dan bagian Pengiriman
Tempat dan Tgl Lahir : Pontianak, 17 Maret 1993
Alamat Rumah :
Jogoyudan Jt.III RT.39 RW.10 Kec. Jetis
Nomor HP : 085729606641
Alamat Email : Muhamadzainal@gmail.com
Nama : Ignasius Minggus
Jabatan : Bagian
Pembelian dan Bagian Penjualan/ Kasir
Tempat dan Tgl Lahir : Sanggau, 10 Februari 1989
Alamat Rumah :
Jl. S. Parman Gg. Kresno No.20 Lt.2 Ketanggungan Wirobrajan
Nomor HP : 081227333315
Alamat Email : IgnasiusMinggu89@gmail.com
Nama : Franciskus Patra Rantomi
Jabatan : Bagian
Akuntansi
Tempat dan Tgl Lahir : Bodok,31 Maret 1990
Alamat Rumah :
Perumahan Tamantirto Mas B-6
Nomor HP : 05277261962
3.2. Bagan/ Struktur Organisasi
Garis
Komando
Garis
Koordinasi
3.3 Job
Description :
1. MANAGER
-
Melakukan
monitoring/ kontrol terhadap perkembangan usaha
-
Memberi
perintah/ tugas kerja kepada Bagian-bagian
-
Melayani
konsumen yang melakukan pembelian lewat situs
-
Menjawab
pertanyaan dan melayani kosumen yang bertanya secara online
-
Melakukan
kontrak/ kerjasama dengan pihak vendorsebagai penyedia produk dan koperasi sebagai pasar.
-
Mengecek
Pembayaran tunai lewat transfer bank
2.
Bagian PERSEDIAAN
-
Melakukan
perawatan pada persediaan
-
Menjaga
kualitas barang tetap terjaga
-
Menghitung
dan melaporkan barang yang masih tersedia di Gudang kepada bagian Akuntansi
-
Melakukan
Pencatatan terhadap barang masuk dan barang keluar
-
Membuat surat
order pembelian
-
Melakukan
pengamatan terhadap barang yang top
rating/ sedang tren
3. BAGIAN PENGIRIMAN
-
Mengepak
Barang yang akan dikirimkan ke konsumen
-
Mengecek
Kepastian alamat pemesan
-
Melakukan
pengiriman dengan menggunakan jasa pengiriman
seperti TIKI, JNE, POS, dan PAHALA
-
Mengecek
status kiriman di website
-
Melaporkan
status kiriman
-
Menelpon atau
sms kepada pemesan bahwa barang telah dikirim
-
Mengupdate
biaya kirim dari Penyedia jasa pengiriman
4. BAGIAN PEMBELIAN
-
Melakukan cek
ulang terhadap surat order pembelian dari bagian Gudang
-
Melakukan
Pembelian Barang kepada vendor
-
Melakukan cek
terhadap barang yang akan dibeli
-
Melakukan
Observasi atas produk yang paling sering dibeli
-
Melakukan cek
ulang terhadap barang yang telah dibeli sesuaikan dengan faktur pembelian
-
Meretur
barang yang rusak
-
Bertanggung
jawab kepada manager
5. BAGIAN AKUNTANSI
-
Melakukan
pencatatan akuntansi : Mencatat transaksi , Menjurnal, Posting Buku Besar,
Membuat Laporan Keuangan
-
Mengecek
ulang terhadap faktur pembelian
-
Melaporkan
kondisi keuangan per triwulan
-
Mencatat
biaya operasional
-
Menyimpan dan
mengarsipkan setiap faktur
-
Bertanggung
jawab kepada manager
6.
BAGIAN
PENJUALAN/ KASIR
-
Membuat tabel
pembagian jam kerja karyawan
-
Mengevaluasi
kinerja karyawan
-
Berorientasi
meningkatkan penjualan
-
Melakukan
pencatatan keuangan harian atas transaksi penjualan
-
Melaporkan ke
bagian Akuntansi setiap transaksi yang terjadi
-
Bertanggung
jawab kepada Manager
7.
KARYAWAN
-
Membuka dan
menutup Toko/ Kios
-
Melakukan
Promosi
-
Menata barang
dagangan
8.
VENDOR
-
Mensuplai
Barang/ Persediaan
-
Melakukan
Kontrak kerjasama dengan manager
-
Memberikan
Kredit barang kepada Toko/ Kios ul@unc_scl.net
3.4. Uraian Jabatan
Jabatan
|
Nama
|
Gaji (Rp)
|
|
Bulan
|
Tahun
|
||
Manager
|
Amin Sinarjo
|
750.000
|
9.000.000
|
Bag.Persediaan/
Pengiriman
|
Muhamad Zainal
|
750.000
|
9.000.000
|
Bag.
Akuntansi
|
Franciskus Patra Rantomi
|
750.000
|
9.000.000
|
Bag.Pembelian/
Penjualan/ Kasir
|
Ignasius minggus
|
750.000
|
9.000.000
|
TOTAL
GAJI
|
3.000.000
|
36.000.000
|
Untuk tahun 2013 akan dilakukan kenaikan gaji
sebesar Rp250.000,- sehingga menjadi Rp1.000.000
Untuk tahun 2014 akan dilakukan kenaikan gaji
sebesar Rp500.000,- sehingga menjadi Rp1.500.000
3.5. Kegiatan Pra-Operasi dan Jadwal Pelaksanaan
Jenis Kegiatan Pra-Operasi
|
Jadwal Pelaksanaan
|
Biaya Pra-
Operasi
|
|||
Minggu Ke-1
Oktober,
2012
|
Minggu Ke-2
Oktober, 2012
|
Minggu Ke-3 oktober, 2012
|
Minggu Ke-3 dan 4 Bulan oktober,
2012 dan bulan seterusnya
|
||
1. Survey Pasar
|
mmmmm
|
|
|
|
0
|
2. Menyusun
Rencana
Usaha
|
|
mmmmm
|
|
|
0
|
3. Survey Tempat
Usaha
|
mmmmm
|
|
|
|
0
|
4. Survey Perlengkapan
|
|
mmmmm
|
|
|
0
|
5. Uji Coba Penjualan
|
|
|
|
|
0
|
6. Operasional
|
|
|
|
|
0
|
TOTAL
|
0
|
3.6. ANALISIS KOMPETENSI SDM
1. Tim Kami memiliki SDM yang mempuni menjalankan
bisnis ini, karena kami memiliki jaringan atau link kepada Vendor dan koperasi, serta
pengalaman berwirausaha sebelumnya yang pernah kami lakukan (dibuktikan dengan nota Pembelian terlampir). karena kami bukan hanya dididik untuk berwirausaha
namun kami juga berasal dari keluarga wirausahawan, meskipun dengan model
menegerial yang sederhana.
2. Tim Kami
memiliki SDM yang mampu menjalankan bisnis secara e-commerce atau melalui
internet marketing, karena kami memiliki skill dalam mendesign website dan tahu
bahasa PHP atau HTML untuk mengolah situs e-commerce kami yaitu www.ul@unc_scl.net
3. Tim Kami memiliki prospektif dalam memperluas wilayah pemasaran, karena kami
berasal dari kabupaten yang berbeda-beda, seperti: dari
Kapuas hulu dan Sanggau serta Pontianak,
tidak menutup kemungkinan akan membuka cabang baru di daerah asal.
3.7. ANALISIS KEBUTUHAN DAN RENCANA PENGEMBANGAN SDM
-
Kami akan
merekrut Karyawan baru, karena SDM yang sekarang ini masih rangkap jabatan. Misalnya dalam dereksi baru diduduki 4 anggota padahal kami butuh
10 anggota direksi (tenaga ahli), serta dalam produksi hanya baru memiliki 20
kariawan padahal kami membutuhkan puluhan bahkan ratusan untuk mempercepat
ekspansi bisnis kami.
-
Kami akan
mentraining karyawan baru untuk ditempatkan pada Cabang baru nantinya.
-
Kami akan
saling berbagi ilmu dan saling membantu untuk menerapkan sistem penjualan
melalui internet marketing dan memantapkan strategi pemasaran kami.
3.8. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
Dengan adanya modal investasi dari Kopertis X, maka akan menambah modal kami dalam menjalankan
bisnis ini dan akan meningkatkan volume penjualan dan
produksi kami. Sehingga kami dapat
membuka cabang baru setiap tahunnya. Dan serta produksi
kami bisa menguasai lebih dari 50% dari produk yang kami pasarkan.
3.9. ANALISIS SWOT
a.
DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
- Dengan adanya produk yang murah dan berkualitas
menjadikan produk/bisnis kami mendapatkan tempat dihati masyrakat
Pontianak dan Kalimantan barat pada umumnya.
- Memberikan paradigma baru kepada masyarakat bahwa produk dalam negeri adalah barang-barang yang berkualitas
- Kami bisa mengembangkan jiwa kewirausahaan sehingga
kami mengerti bisnis realnya.
- Tekhnologi yang kami terapkan dapat diakses oleh
masyarakat pada umumnya sebagai media referensi mereka dalam membeli suatu
produk seragam dan aksesoris.
b.
ANALISIS RESIKO USAHA
Secara umum:
- Adanya manajemen pengelolah yang kurang profesional
- Terdapatnya cacat pada barang yang dibeli
- Barang yang tidak laku
- Tempat yang kurang strategis
- Tidak adanya persediaan pada saat pemesanan barang
oleh konsumen melalui katalog karena tingkat
produktiftas yang rendah.
c.
ANTISIPASI RESIKO USAHA
-
Kita akan
membuat Buku Besar, Jurnal Kas Masuk, Jurnal Kas Keluar, Kartu Persediaan, dan
Kita akan merancang sistem akuntansi yang baik dan membuat nota pembelian.
-
Kita akan
mengikat kerjasama yang baik dengan vendor/koperasisekolah
dengan prinsip barang dapat diretur
apabila cacat, rusak atau tidk sesuai dengan pesanan.
-
Kami akan
mengadakan diskon atau obral, untuk meminimalisir biaya agar tidak terjadinya
kerugian atau mengusahakan balik modal.
-
Kami akan
membuat ciri khas tertentu pada kios/ lapak kami yang
berada di bawah license kami, baik
dari segi papan petunjuk lokasi, furniture yang menarik, dan leaflet promosi.
-
Kami akan
segera mungkin memesan produk yang sejenis ke vendor
bila mana kemampuan produksi kami tidak sebanding dengan permintaan supaya konsumen kami puas terhadap pelayanan yang
kami berikan, atau kami akan menyarankan untuk mengganti item pesanan tersebut
dengan item yang tidak terlalu berbeda sehingga konsumen tidak merasa kecewa.
4.
Aspek Keuangan
4.1. Pembiayaan Proyek
Biaya yang diperlukan dalam mendirikan usaha ini adalah
sebesar Rp47.000.000 (Empat puluh tujuh Juta Rupiah)
dengan rincian sebagai berikut :
RANCANGAN
ANGGARAN DANA
|
||||||
A.
|
Tempat dan
Perizinan
|
|||||
No
|
Keterangan
|
Satuan
|
Unit
|
Harga
satuan
|
Jumlah
|
|
1
|
Sewa Blok/ Tempat Usaha
|
2
|
tahun
|
Rp 10.000.000
|
Rp 10.000.000
|
|
2
|
Izin Usaha
|
1
|
kali
|
Rp 150.000
|
Rp 150.000
|
|
Jumlah
|
Rp 10.150.000
|
|||||
B.
|
Peralatan
|
|||||
No
|
Keterangan
|
Satuan
|
Unit
|
Harga
satuan
|
Jumlah
|
|
1
|
Hanger Baju
|
50
|
buah
|
Rp 5.000
|
Rp 250.000
|
|
2
|
Tempat Gantungan Hanger
|
2
|
buah
|
Rp
150.000
|
Rp 300.000
|
|
3
|
Kunci Pengaman Gudang Persediaan
|
2
|
buah
|
Rp 25.000
|
Rp 50.000
|
|
4
|
Tempat Gantungan Aksesoris
|
2
|
buah
|
Rp
150.000
|
Rp 300.000
|
|
|
Jumlah
|
Rp 900.000
|
||||
5
|
Persediann pakaian
|
31.100.00
|
||||
E.
|
Pembuatan
Katalog
|
|||||
No
|
Keterangan
|
Satuan
|
Unit
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
|
1
|
Biaya Cetak
|
50
|
buah
|
Rp 20.000
|
Rp 1.000.000
|
|
|
Jumlah
|
Rp 1.000.000
|
||||
F.
|
Website
e-commerce
|
|||||
No
|
Keterangan
|
Satuan
|
Unit
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
|
1
|
Jasa Pembuatan Website e-commerce
|
1
|
tahun
|
Rp
660.000
|
Rp 660.000
|
|
2
|
Jasa Hosting dan Domain setahun
|
1
|
tahun
|
Rp
150.000
|
Rp 150.000
|
|
|
Jumlah
|
Rp 810.000
|
||||
Jumlah modal awal
|
||||||
A.
|
Tempat dan
Perizinan
|
Rp 10.150.000
|
||||
B.
|
Peralatan
|
Rp 900.000
|
||||
C.
|
Pakaian
|
Rp 31.100.000
|
||||
D.
|
Aksesoris
|
Rp 3.040.000
|
||||
E.
|
Pembuatan
Katalog
|
Rp 1.000.000
|
||||
F.
|
Website
e-commerce
|
Rp 810.000
|
||||
TOTAL
|
Rp 47.000.000
|
|||||
Dana real yang dibutuhkan
|
Rp 47.000.000
|
|||||
4.2. Laba Rugi
BIAYA
OPERASIONAL PER BULAN
|
|||||||||
A. Operasioanl Umum
|
|||||||||
No
|
Keterangan
|
Unit
|
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
||||
1
|
Listrik
|
1
|
bulan
|
25.000
|
25.000
|
||||
2
|
Gaji
|
4
|
orang
|
750.000
|
3.000.000
|
||||
3
|
Iuran Keamanan
|
1
|
bulan
|
25.000
|
25.000
|
||||
4
|
Iuran kebersihan
|
1
|
bulan
|
25.000
|
25.000
|
||||
|
Jumlah
|
3.075.000
|
|||||||
|
|||||||||
B. Operasional Promosi
|
|||||||||
No
|
Keterangan
|
Unit
|
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
||||
1
|
Biaya Kirim Katalog
|
50
|
katalog
|
7.500
|
375.000
|
||||
2
|
Biaya Iklan Website
|
1
|
|
30.000
|
30.000
|
||||
|
Jumlah
|
405.000
|
|||||||
C. Operasional Defisit
|
|||||||||
No
|
Keterangan
|
Unit
|
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
||||
1
|
Defisit Peralatan
|
2,00%
|
perbulan
|
900.000
|
18.000
|
||||
2
|
Website
e-commerce
|
2,00%
|
perbulan
|
660.000
|
13.200
|
||||
3
|
Jasa Hosting dan Domain setahun
|
10,00%
|
perbulan
|
150.000
|
15.000
|
||||
|
Jumlah
|
46.200
|
|||||||
|
|||||||||
D. Total Operasional perbulan
|
|||||||||
A. Operasioanl Umum
|
Rp 3.075.000
|
||||||||
B. Operasional Promosi
|
Rp 405.000
|
||||||||
Rp 3.480.000
|
|||||||||
E. Angsuran Kios/ Lapak Perbulan
|
|||||||||
1
|
Angsuran sewa Kios/lapak
|
per
|
bulan
|
Rp 416.667
|
|||||
Jumlah yang harus dikeluarkan per bulan
|
|||||||||
C. Operasional Defisit
|
Rp 46.200
|
||||||||
D. Total Operasional perbulan
|
Rp 3.480.000
|
||||||||
E. Angsuran Kios/ Lapak Perbulan
|
Rp 416.667
|
||||||||
TOTAL
|
Rp 3.942.867
|
||||||||
5.
RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
5.1.
STRATEGI PEMASARAN
Ada dua sistem marketing yang kami
terapkan yaitu :
5.1.1.
Direct Selling
Kami akan melakukan penjualan langsung
di pasar khatulistiwa plaza dengan sistem pembagian waktu jaga Kios yang
dimulai dari pukul 08.00 WIB s.d 16.00 WIB, selain itu kami juga akan melakukan
kerjasama dengan kopersasi sekolah untuk memasok produk kami pada mereka, dan
memberikan label bertanda khusus pada tokoh dan koperasi yang telah bekerja
sama serta yang menjual produk kami.
5.1.2.
Internet Marketing
Kami akan menjual produk kami lewat
internet dengan situs pribadi yang telah kami miliki yaitu www.ul@unc_scl.netdengan konsep e-commerce webdesign, sehingga
konsumen di situs kami bisa cek harga, cek model (melihat gambar + Keterangan
produk), cek persediaan, cek ukuran, dan dapat melakukan pembelian langsung di
situs kami. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer bank.
5.1.3.
Media Katalog
yaitu
sebagai sarana untuk merekrut agen/ reseller baru yang tidak membatasi ruang
dan waktu pembelian, sehingga Toko/ lapak kami bisa melakukan transaksi 24 x 7
hari non-stop, karena konsumen dapat melakukan pembelian lewat situs e-commerce
yang kami rancang.
5.2 STRATEGI ORGANISASI DAN
SDM
6.2.1. Kami akan berbagi tugas dengan menggunakan sistem
roling atau pergantian dalam melakukan penjualan di Pasar Khatulistiwa Plaza.
6.2.2. Kami akan melakukan sharing keilmuan dalam
mengembangkan sistem internet marketing.
6.2.3. Segala masalah yang membutuhkan mupakat, dan kebijakan yang diambil berdasarkan
keputusan bersama lewat musyawarah bukan semata-mata strategi perusahaan.
5.3 STRATEGI KEUANGAN
5.3.1
Kami akan
membayar tempat/ kios/ lapak di pasar Khatulistiwa
Plaza sesuai dengan harga sewa kios/
lapak pada umumnya.
5.3.2
Kami akan membeli
pakaian dan aksesoris dari vendor yang bisa di ajak
bekerjasama / memberikan harga yangkompetitif atau lebih
murah dengan jaminan kualitas barang yang bagus dengan
catatan apabila produksi kami tidak sebanding dengan permintaan.
5.3.3
Kami akan
membeli peralatan/ furniture yang dibutuhkan sebagai tempat untuk memajangkan
produk-produk yang kami jual
5.3.4
Untuk
pembelian pertama sampai dengan ketiga dalam pembayaraan harus cash kepada
vendor, selanjutnya boleh kredit dengan sistem Barang diterima terlebih dahulu
dan pembayaran setelah barang habis terjual. Sehingga intinya kita harus saling
percaya dan memupuk kejujuran dalam bisnis.
5.3.5
Kami akan memangkas biaya
promosi, dengan berbagai cara diantaranya:
melakukan promosi
lewat jejaring sosial/situs kami.
Memberikan label,
(stiker/pin) untuk tokoh/koperasi yang menjual dan memakai produk kami.
karena target pasar
kami adalah remaja yang kami anggap selain sebagai konsumen mereka juga bisa
menjadi alternative sales promotion lewat perbincangan dari mulut ke mulut.
5.3.6
Kami akan memberlakukan
efesiensi tinggi, dan transparansi dengan prinsif kekeluargaan dalam setiap
kegiatan kami.
5.4
RENCANA KEBERLANJUTAN
6.4.1 RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN
NO.
|
SUMBER
|
PEMASUKAN
|
||||
1.
|
Dikti
|
Rp.
6.000.000,00
|
||||
2.
3.
4.
5.
|
koperasi
|
RP. 500.000,00
Rp.
2.000.000,00
Rp.
700.000,00
|
||||
TOTAL
|
Rp. 9.700.000,00
|
|
TOTAL
NILAI KEBUTUHAN
PINJAMAN
/ MODAL
|
TOTAL NILAI KEBUTUHAN
MODAL INVESTASI
|
TOTAL NILAI KEBUTUHAN
MODAL KERJA
5.5 RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN
|
JANGKA WAKTU
PENGEMBALIAN
|
MASA TENGGANG
PEMBAYARAN
5.6 AGUNAN YANG DIMILIKI
|
Jenis
Agunan
|
Spesifikasi dan
Keterangan Lain-lain
|
Aspek Legalitas
|
Nilai Agunan
Lampiran : DENAH
LOKASI PASAR KHATULIS TIWA PLAZA SEBAGAI SENTRAL BISNIS
JALAN
JALAN
JL. TANJUNGPURA
|
Apakah Anda membutuhkan pinjaman yang handal dan terjangkau? Jika demikian hubungi kami untuk mendapatkan
BalasHapuskonfirmasi cepat hari ini. Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada jaminan. Langkah Sederhana untuk Pendanaan Cepat dan suku bunga rendah dari 2%. Hubungi kami hari ini melalui email: am.credito@blumail.org