Minggu, 08 Desember 2013

PROPOSAL WIRAUSAHA


(ENTERPRENEUR STUDENT PROGRAM)
BAGI MAHASISWA PTN DI LINGKUNGAN KOMPETIS WILAYAH PONTIANAK
TAHUN 2012

Judul Rencana Usaha                  :PENJUALAN PERLENGKAPAN DANAKSESORIS SEKOLAH YANG DISESUAIKAN DENGAN STANDAR ATURAN SEKOLAH YANG BERLAKU
Nama & Alamat PTN                 : UNIVERSITAS TANJUNGPURA
JL. JENDRAL AHMAT YANI PONTIANAK
Nama / NIM. Ketua Tim             :AMIN SINARJO (F31111008)
Nama / NIM. Kelompok             :MUHAMAD ZAINAL (F31111028)
:IGNASIAUS MINGGUS (F3111158)
: FRANSISKUS PATRA RANTOMY (F31111056)
: WAHONO (F31111015)

Description: Description: G:\images.jpeg
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
KOORDINASI PERGURUAN TINGGI NEGERI
DAERAH PONTIANAK
TAHUN 2012
PROPOSAL/USULAN
PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA
(ENTERPRENEUR STUDENT PROGRAM)
BAGI MAHASISWA PTN KOMPETIS WILAYAH KALIMANTAN BARAT
TAHUN 2012

Judul Rencana Usaha                  :PENJUALAN PERLENGKAPAN DANAKSESORIS SEKOLAH YANG DISESUAIKAN DENGAN STANDAR ATURAN SEKOLAH YANG BERLAKU
Nama & Alamat PTN                 : UNIVERSITAS TANJUNGPURA
JL. JENDRAL AHMAT YANI, PONTIANAK.
Nama / NIM.                               :AMIN SINARJO
                                                    :MUHAMAT ZAINAL
:IGNASIAUS MINGGUS


A.  Dosen Pembimbing
Ø Nama                                                     : BAMBANG G.S,
Ø Fakultas / Jurusan / Program Studi        : FKIP / KOPERASI,
Ø Nama PTN                                             : UNIVERSITAS TANJUNGPURA.
Ø NIP                                                        :

Waktu Pelaksanaan                                         : 1 Oktober 2012 –1 Oktober 2014,
Kegiatan / anlisa                                              : 14 juni 2012,
Dimulai beroperasi                                           : 1 Oktober 2012.
Biaya yang diusulkan                                       :Rp100.000.000,-( SERATUS JUTA RUPIAH).


Pontianak, 15 September 2012

Mengetahui :
Dosen Pembimbing,



Bambang G.S
NIK

Ketua Tim / Penanggungjawab,




AMIN SINARJO
NIMF31111008






Ringkasan Proyek
A. MANAJEMEN
Ø  Nama Unit Usaha                                           : RITEL UNITED CORPORATION
Ø  Nama produk dan underlicense                      : U AND C.scl
Ø  Nama Pimpinan                                               : AMIN SINARJO
Ø  Bidang Usaha                                                 :PENJUALAN PERLENGKAPAN DAN
AKSESORIS SEKOLAH
Ø  Marketing dan Internet Marketing (sementara)          : 4 ORANG
Ø  Jumlah Karyawan produksi (sementara)                     : 20 ORANG
B. PEMASARAN
Ø  Produk yang Dipasarkan         : Perlengkapan sekolah yang Berkualitas
Ø  Sasaran Konsumen                  : Remaja (Pelajar dan Mahasiswa)
Ø  Wilayah Pemasaran                 :Kota Pontianak (Direct Marketing) dan Kalimantan Barat (Internet Marketing).
Ø  Rencana Penjualan minimum /Bulan  : Rp58.637.500
Ø  Penetapan Harga Jual
ü  Aksesoris                                 : Bervariasi
ü  Celana dan rok panjang          :Rp. 59.900
ü  Baju lengan panjang                :Rp. 49.890
ü  Celana dan rok pendek           : Rp. 44.500
ü  Baju lengan pendek                :Rp. 29.990
o  Satuan Seragam satu set dengan aksesoris (ikat pingggang, jam tangan, topi, dasi, sepatu, dll)
o   laki-laki                      : Rp. 487.900
o   perempuan                 : Rp. 499.500
·         Direct marketing                     : Ditetapkan
·         Internet marketing                  : Disesuikan
(“belum di kurangi dengan potongan harga”)
C. PRODUKSI/ OPERASI
Ø  Kapasitas Penjualan                            : Rp. 130.340.000
Ø  Ketersediaan barang                           : Rp.12.345.600
Ø Fasilitas/ Sarana Pemasaran                 : Toko/ Kios serta menjalin kerjasama dengan koperasi sekolah.
D. KEUANGAN
Ø  Total Pembiayaan Proyek                   : Rp.47.000.000
Ø  Modal Sendiri                                     : Rp. 12.345.600
Ø  Biaya yang diusulkan                          : Rp. 100.000.000
Ø  Rencana Penjualan per-Tahun (Rp)    : Rp. 897.200.000
Ø  Keuntungan per-Tahun (Rp)               : Rp. 549.424.080
Ø  Return On Investment (ROI)             : 24 Bulan
Ø  Break Even Point                                : 12 Bulan





















I. Latar Belakang
1.1. Dasar Gagasan Usaha
1.1.1. Pendahuluan
Kebutuhan akan sandang merupakan kebutuhan primer setiap orang. Secara khusus di lingkungan sekolah, kebutuhan  terhadap perlengkapan sekolah dan aksesoris kian bertambah seiring dengan perkembangan ekonomi dan kependidikan yang bisa dilihat dari fasilitas-fasilitas sekolah yang menyebabkan kebutuhan akan perlengkapan dan aksesoris sekolah ini semakain kompleks, yang tentunya ditunjang dengan daya beli yang seimbang karena perkembangan ekonomi yang stabil. Dari tahun ke tahun peningkatan permintaan dari produk ini sangatlah pesat. Untuk memenuhi tren positif saat ini diperlukannya unit usaha yang dapat menyediakan produk tersebut, kami jelas melihatnya sebagai peluang. Dari sini memang kelihatan kalau kami sedang serius membidik pasar remaja, bahkan secara khusus kami membidik pasar remaja yang bersekoloah. Iya, sedikit memang orang yang beranggapan kalo bidikan kami akan tepat. Tetapi ketika anda melihat meningkatnya penduduk usia muda dan minat sekolah kian pesat, anda akan melihatnya sebagai peluang bisnis besar, dan anda tidak akan senang jika ada orang yang meragukan anda.
Di produk ini Memang banyak pesaing dipasaran baik yang sifatnya bisnis waralaba dan pasaran tetapi kita belum melihat adanya inovasi marketing dalam meningkatkan penjualan, dan masih berkutat pada produk marketing yang menawarkan perlengkapan dan aksesoris berkualitas dengan harga terjangkau. Nah, disinilah letak celah dimana kita harus masuk, kita bukan hanya akan menawarkan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, aspek pasar dan pemasaran menjadi perhatian penting bagi kami, niat baik dengan kerja sama  yang salin menguntungkan dengan sekolah/koperasi sekolah akan kami jalin secara intens dan secara otomatis produk kami langsung masuk kelingkungan sekolah sehingga mudah diakses oleh para konsumen dan calon konsumen, demi memenuhi target penjualan dan menguasai pasar. Setelah kerjasama yang intens itu tercapai maka kami tidak perlu lagi gencar melakukan kegiatan promosi, sehingga biaya promosi bisa ditekan sedemikian rupa demi mencapai efesinsi biaya usaha, yang perlu kami pikirkan adalah ekspansi, ekspansi dan ekspansi bisnis sekaligus produk kami. Karena pada pasar yang telah dikuasai ini umumnya adalah para remaja mereka bisa di jadikan solusi jangka panjang masalah promosi, karena kami menganggap mereka konsumen sakaligus sales lewat pembicaraan dan dari mulut kemulut para remaja tersebut.
Perkembangan penawaran disektor Reseller Pakaian dan Aksesoris pada saat ini memang umum telah dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena sektor usaha ini sudah dibidik secara serius oleh para pengusaha. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan untuk meningkatkan penjualanToko/Kios Pakaian dan Aksesoris ini  menjadi prosfektif maka perlu peningkatan penawaran yang memberikan nilai lebih bagi konsumen dengan cara mendiskon harga dengan ketentuan yang berlaku.
Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha Toko/ Kios perlengkapan dan Aksesoris sekolah pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif (lebih banyak produk marketing yang ditawarkan dalam hal ini tidak dimiliki oleh pesaing) maupun lebih kompetitif karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi.

1.1.2. MANFAAT
2.1. Manfaat Ekonomi
Usaha ini dapat memberdayakan kami sebagai  pengusaha demi meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, sehingga dapat mengurangi beban keluarga dalam membiaya pendidikan kami dan para mahasiswa lain yang terlibat.
2.2. Manfaat Sosial
Tidak menutup kemungkinan kami akan membuka cabang baru untuk memperluas wilayah pemasaran.kami ingin berperan lebih dalam memajukan pendidikan, dan menjaga stbilitas perekonomian nasional karena kemungkinan besar lebih dari sebagian barang-barang yang kami pasarkan merupakan produktifitas nasional dan bahkan produk yang berada di bawah license kami yang akan segera kami daftarkan, kami juga berHarapan setiap tahunnya ada Cabang baru yang akan kami dirikan. Hal ini jelas dapat merekrut dan membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia.
Kami juga ingin merubah paradigma masyarakat pontianak khususnya, mengepak mata mereka bahwa dalam diri mahasiswa meliliki potensi wirausaha dan bisa bersaing menjual barang-barang yang berkualitas dengan harga murah yang tidak kalah dengan Toko/produk pada umumnya, tidak seperti sekarang ini bahwa masyarakat pontianak khususnya Mahasiswa/Pelajar malu kalau beli pakaian mereka tersebut produk anak negeri yang notabenebarang-barang yang dijual tidak berkualitas. Hal ini hanyalah paradikma yang salah. Kami akan menerapkan metode dengan mengikuti perkembangan zaman, pengelolaanya juga secara profesional dan modern.

1.1.3. Prospek Pasar
Kebutuhan perlengkapan dan aksesoris sekolah akan mudah menganalisis karena usaha ini dirintis dengan pasar sasaran yang sangat khusus,dengan pasar yang sangat prosfektif, hal ini telah dibuktikan berdasarkan hasil analisa kami yang telah kami lakukan selama 2 bulan. Kalkulasinya demikian Terdapat 500 siswa pendaftar baru satuan pendidikan SMA di sekolah X, yang di terima hanya 340 siswa kelas 10, IPA/IPS (A,B,C,D) ( angka ini menunjukan minat sekolah remaja yang begitu besar), awal masuk sekolah mereka punya kewajiban memenuhi kebutuhan pokok seperti seragam sekolah, di sekolah X ini dalam satu pekan mereka mengunakan 4 (empat) seragam berbeda yaitu putih-abuabu, batik, pramuka, dan olahraga. Ini menghasilkan penghitungan matematis 4 x 340 = 1360 (seragam) x 2 = 2720 helai pakaian. Perlu di ketahui hitungan ini hanya gambaran potensial market, data ini belum ditambah dengan kebutuhan kelas 11 dan 12, penjualan aksesoris, serta tidak menutup kemungkinan kami akan bekerja sama dengan lebih dari satu sekolah untuk kepentigan ekspansi kami.
1.1.3.1. Asfek pasar
3.1.1. Gambaran Umum Pasar
1. Jenis produk yang dipasarkan adalah Perlengkapan dan Aksesoris sekolah yang berkualitas dengan harga kompetitif, dengan kebijakan marketing yang inovatif.
2. Wilayah Pemasaran mencakup daerah Kota Pontianak untuk sistem penjualan langsung atau Direct Marketing dan seluruh wilayah Kalimantan Barat untuk sistem e-commerceatau internet marketing dan Media Katalog karena kami juga melayani pesanan dan percetakan dalam meningkatkan kemandirian produk kami, karena kami tidak hanya akan menjual tetapi memproduksi barang di bawah underlicensi kami yaitu; U AND C.scl. karena bagi kami menjual dan mendistribusikan hanya sebagai stabilisator stok barang dan sifatnya sementara.
3.Yang menjadi segmen dari usaha Penjualan Pakaian dan aksesoris  ini adalah
a. Segmen pasar Khusus siswa baru (untuk tipe Penjualan secara direct marketing atau   penjualan dengan system dengan tempo sesuai perjanjian dengan sekolah) baik sekolah dasar, SMP, SMA sederajat.
b. Segmen Pasar Umum baik sekolah dasar, SMP, SMA sederajat. untuk siswa baru dan lama baik seragam maupun aksesoris (Untuk tipe penjualan internet marketing dan direct marketing baik yang menggunakan media Katalog dan Pembelian langsung di situs www.ul@unc_scl.netatau barang-barang yang sudah kami pasok ke koperasi sekolah dengan system korporation.
3.1.2. Strategi Pemasaran Perusahaan
Strategi pemasaran yang dilakukan :
a. Keterangan Produk
- Mutu               : pakaian dan Aksesoris sekolah yang dipasarkan adalah mutunya terjamin danberkualitas, yang menawarkan peroduk marketing yang inovatif dan kerjasama yang saling menguntungkan dengan kemudahan bertaransaksi.
                        - Ukuran          : free size
- Kemasan       : Tidak ada kemasan atau masih berlabel (produk dengan brand original), kecuali aksesorissebagian ada yang berkemasan.
b. Harga Produk
               - Harga                                    : bervariasi
               - Syarat pembayaran               : Cash tunai atau transfer Bank
- Potongan                               : Kami akan memberikan diskon 5% setiap pembeliandiatas Rp10.000.000,- dan 7% untuk pembelian diatas 15.000.000 serta 10% untuk pembelian diatas 25.000.000. untuk system pesanan dengan pembayaran cash oleh koperasi sekolah maupun waralaba sejenisnya,
c. Jalur Penjualan
Dengan adanya produk yang kami tawarkan di atas, sehingga, Ada tiga produk marketing yang kami terapkan yaitu :
1.      Direct Selling
Kami akan melakukan penjualan langsung di Khatulistiwa Plaza dengan sistem pembagian waktu jaga Kios/ Lapak yang dimulai dari pukul 8.00 WIB s.d 16.00 WIB.
2.      Internet Marketing
Kami akan menjual produk kami lewat internet dengan situs pribadi yang telah kami miliki yaituwww.ul@unc_scl.netdengan konsep e-commerce, webdesign,sehingga konsumen di situs kami bisa cek harga, cek model (melihat gambar + Keterangan produk), cek persediaan, cek ukuran, dan dapat melakukan pembelian langsung di situs kami. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer bank, e-banking, maupun langsung.
3.      Media Katalog
Kami juga akan menyebarluaskan bisnis kami ini dengan media Katalog yang akan dipasarkan lewat Website kami yaitu www.ul@unc_scl.netdengan sistem merekrut reseller/ agen baru sebagai upaya untuk mengembangkan wilayah pemasaran produk kami dengan target yaitu seluruh wilayah Indonesia. Katalog ini akan kami berikan kepada pemesan/ calon agen/ calon reseller seharga Rp40.000,-/ Katalog yang berisi daftar harga pakaian dan aksesoris serta gambar yang menarik.
Beragam keuntungan bisnis lewat Katalog ini, antara lain :
-          Modal kecil,
-          Hanya bermodalkan katalog,
-          Katalog berisikan bermacam-macam produk perlengkapan dan aksesoris sekolah beserta daftar harga dasar serta harga jual,
-          Bisa dijalankan oleh siapa saja seperti : Ibu Rumah Tangga, Pelajar/Mahasiswa/i, Pegawai, Pemilik Distro/Toko, Agen, dan lain-lain.
-          Tidak perlu menyetok barang,
-          Tidak ditentukan target penjualan (bagi reseller),
-          Harga disesuaikan sendiri, sesuai target pasar yang dituju,
-          Barang bisa di retur, dan masih banyak yang lainnya.
Ketentuan serta fasilitas menjadi agen/ reseller padawww.ul@unc_scl.net adalah sebagai berikut :
1.   Anda bisa mendapatkan katalog produk ul@unc_scl.net dengan pilihan paket :
PAKET ESKLUSIF: Anda Melakukan pembelian pertama senilai minimum Rp1.000.000 maka anda akan mendapatkan Katalog dan panduan bisnisnya secara gratis.
PAKET BISNIS: Anda Melakukan pembelian pertama senilai minimum Rp500.000 maka anda akan mendapatkan Katalog dan panduan bisnisnya dengan diberikan diskon sebesar 50% dari harga Katalog yaitu sebesar Rp20.000,-
PAKET EKONOMI: Anda tidak perlu melakukan pembelian barang, cukup bermodal Katalog saja seharga Rp40.000,- anda dapat melakukan bisnis anda di rumah dan melakukan transaksi dengan kami mudah dan cepat.
2.   Setelah mendapatkan katalog, anda mengirimkan biodata untuk menjadi agen/ reseller smart-3 Toko/ Kios Pakaian dan Aksesoris Online, ke alamat email adminwww.ul@unc_scl.net format sbb:
o   Nama Lengkap             :
o   No HP                         :
o   Email                           :
o   Alamat Lengkap         :
                               Atau SMS ke 085664988830, dengan format :
     Nama Lengkap/ No HP/ email/ Alamat Lengkap
2.   Transaksi agen akan kami anggap sah jika transaksi agen sesuai dengan biodata anda,
4. Awal pembelanjaan minimal 5 buah, selanjutnya minimal 3 buah,
5. Pada awal pembelanjaan berlaku harga dasar bagi agen,
6. Kami akan memberikan cash back langsung setiap transaksi sebesar 5 % apabila pembelanjaan minimal Rp. 3.000.000,-
7. Kami akan memberikan langsung beragam bonus menarik apabila pembelanjaan minimal Rp. 10.000.000,-
8. Ketentuan retur barang
Garansi dari kami, apabila dari pesanan atau order (produk katalog) terdapat produk yang tidak cocok warna, model, ukuran dan rusak (cacat produksi), maka produk dapat diretur (ditukar) kembali pada kami dalam waktu 2 minggu setelah keluar retur pembelian, dengan ketentuan kondisi tag (label stiker dan brand) masih utuh, layak dijual kembali, serta tidak rusak/ kotor dengan catatan; ongkos kirim ditanggung agen.
d. Promosi
Promosi dilakukan dengan penyebaran brosur, leaflet, Katalog, dan Kami akan melakukan iklan diinternet dan jejaring sosial untuk menjual produk yang kami tawarkan dengan mendaftarkan situs kami pada layanan penyedia iklan di internet. Dan memasang banner pada situs yang relevan untuk mempromosikan keberadaan Toko/ Kios Online kami ini. Dan juga kami akan membuat grup di Facebook dan twitter sebagai langkah mempercepat penjualan dan forum diskusi mengenai produk-produk yang kami tawarkan.
2.4. Analisis Pesaing
No.
Uraian
Toko/Kios ul@unc_scl.net
Perusahaan Pesaing
Kios Uda
Kios Riky
Kios Ma’am
1.
Harga Jual
Bervariasi tapi kompetitif
bervariasi
bervariasi
bervariasi
2.
Mutu Produk
Berkualitas
biasa
biasa
biasa
3.
Kemasan
-
-
-
-
4.
Promosi
Dilakukan
-
-
-
5.
Merk
Under license
Kualitas terjamin
Merek tidak terkenal
Merek tidak terkenal
Merek tidak terkenal
6.
Potongan Penjualan
Pembelian cash diatas Rp10.000.000 dapat diskon 5%
Tidak ada diskon
Tidak ada diskon
Tidak ada diskon
7.
Bentuk Pembayaran
Tunai untuk Direct Marketing/ Transfer Bank untuk Internet Marketing
Tunai
Tunai
Tunai
8.
Pelayanan
Kepuasan konsumen kami utamakan, Konsumen dilayani dengan ramah dan penuh perhatian dengan profesionalitas
Konsumen terkadang diabaikan, ketika mereka lagi makan atau ngobrol
Konsumen terkadang diabaikan, ketika mereka lagi makan atau ngobrol
Konsumen terkadang diabaikan, ketika mereka lagi makan atau ngobrol


2.5. Metode Promosi & Biaya Promosi
Metode Promosi
Wilayah Sebaran
Biaya (Rp)
Penjualan Katalog
Seluruh wilayah Indonesia
40.000
Mouth to Mouth
Kota pontianak, Wilayah Kampus FKIP, universitas tanjungpura.
-
Penyebaran Brosur, leaflet
Kota pontianak
50.000
Pembuatan Website
e-commerce

660.000
Iklan di internet
Seluruh dunia, karena website www.ul@unc_scl.netada translate tools nya.
30.000
TOTAL BIAYA
780.000

2. Aspek Operasi
2.1. Produk
1. Ciri-ciri produk
a. Berukuran S,M,L,XL/free size untuk pesanan kerjasama (cooperation to cooperation)
b. Warna disesuikan dengan pesanaa/bervariasi disesuaikan dengan permintaan
c. Pakaian berbahancotton berkualitas
d. brand terjamin kwalitasnya.
e. Aksesoris disesuaikan dengan kebutuhan dan peraturan sekolah yang dipasok.
2. Kegunaan Utama Produk
a.    Untuk memenuhi kebutuhan dasar anak usia sekolah.
b.    Untuk mengikuti tren/ fashion anak sekolah agar mereka tampil berani dalam berpakaian seperti propesionalis sekolah.
c.    Untuk menanamkan kepercayaan diri pada anak usia sekolah bahwa berpakaiaan rapi itu tidak kampungan/kolot (sepeti yang di bayangkan), justru sebaliknya mencermintan kekayaan intlektual,wawasan serta pengetahuan.

2.2. Proses Operasi
Skema/ Bagan Alur Proses Operasi
Rounded Rectangle: Bagian PembelianRounded Rectangle: Bagian PersediaanPEMBELIAN TUNAI PERSEDIAAN
Rounded Rectangle: Bagian Akuntansi
 







PENJUALAN TUNAI PERSEDIAAN
 








               Untuk penjualan lewat transfer bank/internet marketing, dan ATM, dengan catatan; dengan mengirimkan bukti tranfer kepada agen/reseller lewat berbagai fitur online ataupun pesan MMS.
               Untuk penjualan tunai secara langsung atau direct marketing.
2. Persyaratan Pembelian Persediaan
Pembelian Pakaian dan Aksesoris berdasarkan standar mutu yang baik dengan memperhatikan kualitas bahan, warna, yang tidak luntur dan tahan lama.
3. Ketersediaan dan kesinambungan Persediaan
Persediaan untuk sementarapersediaankita beli dari daerah lain yaitu di Kota Bandung sebagai pusat konveksi dan pusatKota Yogyakarta, seperrti pakaian batik dan aksesoris khas Jogja. Karena bagian produksi kamu untuk pertama ini tidak akan mampu memenuhi permintaan pasar yang akan bergejolak pada setiap semester ganjil maupun genap.

3. Aspek Organisasi, SDM dan Manajemen

3.1.BIODATA USAHAWAN
Nama                            : Amin sinarjo
Jabatan                         : Manager
Tempat dan Tgl Lahir  : Na Jajang,29juni 1993
Alamat Rumah             : Jl. Paris 1
Nomor HP                    : 085654696659
Alamat Email                 : Aminsinarjo@gmail.com

Nama                           : Muhamad Zainal
Jabatan                                    : Bagian Persediaan dan bagian Pengiriman
Tempat dan Tgl Lahir  : Pontianak, 17 Maret 1993
Alamat Rumah             : Jogoyudan Jt.III RT.39 RW.10 Kec. Jetis
Nomor HP                    : 085729606641
Alamat Email               :  Muhamadzainal@gmail.com

Nama                            : Ignasius Minggus
Jabatan                         : Bagian Pembelian dan Bagian Penjualan/ Kasir
Tempat dan Tgl Lahir  : Sanggau, 10 Februari 1989
Alamat Rumah             : Jl. S. Parman Gg. Kresno No.20 Lt.2 Ketanggungan Wirobrajan
Nomor HP                    : 081227333315
Alamat Email               :  IgnasiusMinggu89@gmail.com

Nama                            : Franciskus Patra Rantomi
Jabatan                         : Bagian Akuntansi
Tempat dan Tgl Lahir  : Bodok,31 Maret 1990
Alamat Rumah             : Perumahan Tamantirto Mas B-6
Nomor HP                    : 05277261962
Alamat Email                 :  FranciskusPR@yahoo.com










3.2. Bagan/ Struktur Organisasi
 



















                            Garis Komando
                            Garis Koordinasi

3.3  Job Description :
1.      MANAGER
-       Melakukan monitoring/ kontrol terhadap perkembangan usaha
-       Memberi perintah/ tugas kerja kepada Bagian-bagian
-       Melayani konsumen yang melakukan pembelian lewat situs
-       Menjawab pertanyaan dan melayani kosumen yang bertanya secara online
-       Melakukan kontrak/ kerjasama dengan pihak vendorsebagai penyedia produk dan koperasi sebagai pasar.
-       Mengelolah Website Toko/Kios Online www.ul@unc_scl.net
-       Mengecek Pembayaran tunai lewat transfer bank

2.      Bagian PERSEDIAAN
-       Melakukan perawatan pada persediaan
-       Menjaga kualitas barang tetap terjaga
-       Menghitung dan melaporkan barang yang masih tersedia di Gudang kepada bagian Akuntansi
-       Melakukan Pencatatan terhadap barang masuk dan barang keluar
-       Membuat surat order pembelian
-       Melakukan pengamatan terhadap barang yang top rating/ sedang tren

3.      BAGIAN PENGIRIMAN
-       Mengepak Barang yang akan dikirimkan ke konsumen
-       Mengecek Kepastian alamat pemesan
-       Melakukan pengiriman dengan menggunakan jasa pengiriman  seperti TIKI, JNE, POS, dan PAHALA
-       Mengecek status kiriman di website
-       Melaporkan status kiriman
-       Menelpon atau sms kepada pemesan bahwa barang telah dikirim
-       Mengupdate biaya kirim dari Penyedia jasa pengiriman

4.      BAGIAN PEMBELIAN
-       Melakukan cek ulang terhadap surat order pembelian dari bagian Gudang
-       Melakukan Pembelian Barang kepada vendor
-       Melakukan cek terhadap barang yang akan dibeli
-       Melakukan Observasi atas produk yang paling sering dibeli
-       Melakukan cek ulang terhadap barang yang telah dibeli sesuaikan dengan faktur pembelian
-       Meretur barang yang rusak
-       Bertanggung jawab kepada manager

5.      BAGIAN AKUNTANSI
-       Melakukan pencatatan akuntansi : Mencatat transaksi , Menjurnal, Posting Buku Besar, Membuat Laporan Keuangan
-       Mengecek ulang terhadap faktur pembelian
-       Melaporkan kondisi keuangan per triwulan
-       Mencatat biaya operasional
-       Menyimpan dan mengarsipkan setiap faktur
-       Bertanggung jawab kepada manager

6.      BAGIAN PENJUALAN/ KASIR
-       Membuat tabel pembagian jam kerja karyawan
-       Mengevaluasi kinerja karyawan
-       Berorientasi meningkatkan penjualan
-       Melakukan pencatatan keuangan harian atas transaksi penjualan
-       Melaporkan ke bagian Akuntansi setiap transaksi yang terjadi
-       Melayani pembelian lewat situs www.ul@unc_scl.net.
-       Bertanggung jawab kepada Manager

7.      KARYAWAN
-       Membuka dan menutup Toko/ Kios
-       Melakukan Promosi
-       Menata barang dagangan
-       Melayani Konsumen baik offline maupun onlinewww.ul@unc_scl.net

8.      VENDOR
-       Mensuplai Barang/ Persediaan
-       Melakukan Kontrak kerjasama dengan manager
-       Memberikan Kredit barang kepada Toko/ Kios ul@unc_scl.net

3.4. Uraian Jabatan
Jabatan
Nama
Gaji (Rp)
Bulan
Tahun
Manager
Amin Sinarjo
750.000
9.000.000
Bag.Persediaan/ Pengiriman
Muhamad Zainal
750.000
9.000.000
Bag. Akuntansi
Franciskus Patra Rantomi
750.000
9.000.000
Bag.Pembelian/ Penjualan/ Kasir
Ignasius minggus
750.000
9.000.000
TOTAL GAJI
3.000.000
36.000.000

Untuk tahun 2013 akan dilakukan kenaikan gaji sebesar Rp250.000,- sehingga menjadi Rp1.000.000
Untuk tahun 2014 akan dilakukan kenaikan gaji sebesar Rp500.000,- sehingga menjadi Rp1.500.000

3.5. Kegiatan Pra-Operasi dan Jadwal Pelaksanaan
Jenis Kegiatan Pra-Operasi
Jadwal Pelaksanaan
Biaya Pra-
Operasi
Minggu Ke-1
Oktober, 2012
Minggu Ke-2
Oktober, 2012
Minggu Ke-3 oktober, 2012
Minggu Ke-3 dan 4 Bulan oktober, 2012 dan bulan seterusnya
1. Survey Pasar
mmmmm



0
2. Menyusun Rencana   
Usaha

mmmmm


0
3. Survey Tempat Usaha
mmmmm



0
4. Survey Perlengkapan
mmmmm


0
5. Uji Coba Penjualan



0
6. Operasional



0
TOTAL
0

3.6. ANALISIS KOMPETENSI SDM

1.      Tim Kami memiliki SDM yang mempuni menjalankan bisnis ini, karena kami memiliki jaringan atau link kepada Vendor dan koperasi, serta pengalaman berwirausaha sebelumnya yang pernah kami lakukan (dibuktikan dengan nota Pembelian terlampir). karena kami bukan hanya dididik untuk berwirausaha namun kami juga berasal dari keluarga wirausahawan, meskipun dengan model menegerial yang sederhana.
2.    Tim Kami   memiliki SDM yang mampu menjalankan bisnis secara e-commerce atau melalui internet marketing, karena kami memiliki skill dalam mendesign website dan tahu bahasa PHP atau HTML untuk mengolah situs e-commerce kami yaitu www.ul@unc_scl.net
3.    Tim Kami memiliki prospektif dalam memperluas wilayah pemasaran, karena kami berasal dari kabupaten yang berbeda-beda, seperti: dari Kapuas hulu dan Sanggau serta Pontianak, tidak menutup kemungkinan akan membuka cabang baru di daerah asal.
3.7. ANALISIS KEBUTUHAN DAN RENCANA PENGEMBANGAN SDM
-            Kami akan merekrut Karyawan baru, karena SDM yang sekarang ini masih rangkap jabatan. Misalnya dalam dereksi baru diduduki 4 anggota padahal kami butuh 10 anggota direksi (tenaga ahli), serta dalam produksi hanya baru memiliki 20 kariawan padahal kami membutuhkan puluhan bahkan ratusan untuk mempercepat ekspansi bisnis kami.
-            Kami akan mentraining karyawan baru untuk ditempatkan pada Cabang baru nantinya.
-            Kami akan saling berbagi ilmu dan saling membantu untuk menerapkan sistem penjualan melalui internet marketing dan memantapkan strategi pemasaran kami.
3.8. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
            Dengan adanya modal investasi dari Kopertis X, maka akan menambah modal kami dalam menjalankan bisnis ini dan akan meningkatkan volume penjualan dan produksi kami. Sehingga kami dapat membuka cabang baru setiap tahunnya. Dan serta produksi kami bisa menguasai lebih dari 50% dari produk yang kami pasarkan.
3.9. ANALISIS SWOT
a.             DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
-   Dengan adanya produk yang murah dan berkualitas menjadikan produk/bisnis  kami mendapatkan tempat dihati masyrakat Pontianak dan Kalimantan barat pada umumnya.
-   Memberikan paradigma baru kepada masyarakat bahwa produk dalam negeri adalah barang-barang yang berkualitas
-   Kami bisa mengembangkan jiwa kewirausahaan sehingga kami mengerti bisnis realnya.
-   Tekhnologi yang kami terapkan dapat diakses oleh masyarakat pada umumnya sebagai media referensi mereka dalam membeli suatu produk seragam dan aksesoris.
b.            ANALISIS RESIKO USAHA
Secara umum:
-   Adanya manajemen pengelolah yang kurang profesional
-   Terdapatnya cacat pada barang yang dibeli
-   Barang yang tidak laku
-   Tempat yang kurang strategis
-   Tidak adanya persediaan pada saat pemesanan barang oleh konsumen melalui katalog karena tingkat produktiftas yang rendah.
c.             ANTISIPASI RESIKO USAHA
-          Kita akan membuat Buku Besar, Jurnal Kas Masuk, Jurnal Kas Keluar, Kartu Persediaan, dan Kita akan merancang sistem akuntansi yang baik dan membuat nota pembelian.
-          Kita akan mengikat kerjasama yang baik dengan vendor/koperasisekolah dengan prinsip barang dapat diretur apabila cacat, rusak atau tidk sesuai dengan pesanan.
-          Kami akan mengadakan diskon atau obral, untuk meminimalisir biaya agar tidak terjadinya kerugian atau mengusahakan balik modal.
-          Kami akan membuat ciri khas tertentu pada kios/ lapak kami yang berada di bawah license kami, baik dari segi papan petunjuk lokasi, furniture yang menarik, dan leaflet promosi.
-          Kami akan segera mungkin memesan produk yang sejenis ke vendor bila mana kemampuan produksi kami tidak sebanding dengan permintaan supaya konsumen kami puas terhadap pelayanan yang kami berikan, atau kami akan menyarankan untuk mengganti item pesanan tersebut dengan item yang tidak terlalu berbeda sehingga konsumen tidak merasa kecewa.
4. Aspek Keuangan
4.1.      Pembiayaan Proyek
Biaya yang diperlukan dalam mendirikan usaha ini adalah sebesar Rp47.000.000 (Empat puluh tujuh Juta Rupiah) dengan rincian sebagai berikut :

RANCANGAN ANGGARAN DANA
 A. 
 Tempat dan Perizinan
No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Jumlah
1
Sewa Blok/ Tempat Usaha
2
tahun
 Rp         10.000.000
 Rp            10.000.000
2
Izin Usaha
1
kali
 Rp            150.000
 Rp                 150.000
Jumlah
 Rp            10.150.000
B.
Peralatan
No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Jumlah
1
Hanger Baju
50
buah
 Rp                5.000
 Rp                 250.000
2
Tempat Gantungan Hanger
2
buah
 Rp            150.000
 Rp                 300.000
3
Kunci Pengaman Gudang Persediaan
2
buah
 Rp              25.000
 Rp                   50.000
4
Tempat Gantungan Aksesoris
2
buah
 Rp            150.000
 Rp                 300.000


Jumlah
 Rp                 900.000
5
Persediann pakaian
31.100.00

E.
 Pembuatan Katalog
No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Jumlah
1
Biaya Cetak
50
buah
 Rp              20.000
 Rp              1.000.000

Jumlah
 Rp              1.000.000
F.
 Website e-commerce
No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Jumlah
1
Jasa Pembuatan Website e-commerce
1
tahun
 Rp            660.000
 Rp                 660.000
2
Jasa Hosting dan Domain setahun
1
tahun
 Rp            150.000
 Rp                 150.000

Jumlah
 Rp                 810.000












Jumlah modal awal
 A. 
 Tempat dan Perizinan
 Rp            10.150.000
B.
 Peralatan
 Rp                 900.000
 C.
 Pakaian 
 Rp            31.100.000
 D.
 Aksesoris
 Rp              3.040.000
E.
 Pembuatan Katalog
 Rp              1.000.000
F.
 Website e-commerce
 Rp                 810.000
TOTAL
 Rp            47.000.000
Dana real yang dibutuhkan
 Rp            47.000.000

4.2.      Laba Rugi
           
BIAYA OPERASIONAL PER BULAN
A. Operasioanl Umum
No
Keterangan
Unit

Harga satuan
Jumlah
1
Listrik
1
bulan
25.000
  25.000
2
Gaji
4
orang
 750.000
3.000.000
3
Iuran Keamanan
1
bulan
25.000
     25.000
4
Iuran kebersihan
1
bulan
        25.000
25.000

Jumlah
     3.075.000


B. Operasional Promosi
No
Keterangan
Unit

Harga satuan
Jumlah
1
Biaya Kirim Katalog
50
katalog
7.500
375.000
2
Biaya Iklan Website
1

      30.000
30.000

Jumlah
405.000
C. Operasional Defisit
No
Keterangan
Unit

Harga satuan
Jumlah
1
Defisit Peralatan
2,00%
perbulan
900.000
18.000
2
 Website e-commerce
2,00%
perbulan
   660.000
13.200
3
Jasa Hosting dan Domain setahun
10,00%
perbulan
150.000
15.000

Jumlah
      46.200













D. Total Operasional perbulan
A. Operasioanl Umum
 Rp     3.075.000
B. Operasional Promosi
 Rp        405.000
 Rp     3.480.000
E. Angsuran Kios/ Lapak Perbulan

1
Angsuran sewa Kios/lapak
per
bulan
      Rp         416.667

Jumlah yang harus dikeluarkan per bulan
C. Operasional Defisit
 Rp          46.200
D. Total Operasional perbulan
 Rp     3.480.000
E. Angsuran Kios/ Lapak Perbulan
 Rp        416.667
TOTAL
 Rp     3.942.867

5.     RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

5.1.            STRATEGI PEMASARAN
Ada dua sistem marketing yang kami terapkan yaitu :
5.1.1. Direct Selling
Kami akan melakukan penjualan langsung di pasar khatulistiwa plaza dengan sistem pembagian waktu jaga Kios yang dimulai dari pukul 08.00 WIB s.d 16.00 WIB, selain itu kami juga akan melakukan kerjasama dengan kopersasi sekolah untuk memasok produk kami pada mereka, dan memberikan label bertanda khusus pada tokoh dan koperasi yang telah bekerja sama serta yang menjual produk kami.
5.1.2. Internet Marketing
Kami akan menjual produk kami lewat internet dengan situs pribadi yang telah kami miliki yaitu www.ul@unc_scl.netdengan konsep e-commerce webdesign, sehingga konsumen di situs kami bisa cek harga, cek model (melihat gambar + Keterangan produk), cek persediaan, cek ukuran, dan dapat melakukan pembelian langsung di situs kami. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer bank.
5.1.3.      Media Katalog
yaitu sebagai sarana untuk merekrut agen/ reseller baru yang tidak membatasi ruang dan waktu pembelian, sehingga Toko/ lapak kami bisa melakukan transaksi 24 x 7 hari non-stop, karena konsumen dapat melakukan pembelian lewat situs e-commerce yang kami rancang.
5.2  STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
6.2.1.      Kami akan berbagi tugas dengan menggunakan sistem roling atau pergantian dalam melakukan penjualan di Pasar Khatulistiwa Plaza.
6.2.2.      Kami akan melakukan sharing keilmuan dalam mengembangkan sistem internet marketing.
6.2.3.      Segala masalah yang membutuhkan mupakat, dan kebijakan yang diambil berdasarkan keputusan bersama lewat musyawarah bukan semata-mata strategi perusahaan.
5.3  STRATEGI KEUANGAN
5.3.1        Kami akan membayar tempat/ kios/ lapak di pasar Khatulistiwa Plaza sesuai dengan harga sewa kios/ lapak pada umumnya.
5.3.2        Kami akan membeli pakaian dan aksesoris dari vendor yang bisa di ajak bekerjasama / memberikan harga yangkompetitif atau lebih murah dengan jaminan kualitas barang yang bagus dengan catatan apabila produksi kami tidak sebanding dengan permintaan.
5.3.3        Kami akan membeli peralatan/ furniture yang dibutuhkan sebagai tempat untuk memajangkan produk-produk yang kami jual
5.3.4        Untuk pembelian pertama sampai dengan ketiga dalam pembayaraan harus cash kepada vendor, selanjutnya boleh kredit dengan sistem Barang diterima terlebih dahulu dan pembayaran setelah barang habis terjual. Sehingga intinya kita harus saling percaya dan memupuk kejujuran dalam bisnis.
5.3.5        Kami akan memangkas biaya promosi, dengan berbagai cara diantaranya:
melakukan promosi lewat jejaring sosial/situs kami.
Memberikan label, (stiker/pin) untuk tokoh/koperasi yang menjual dan memakai produk kami.
karena target pasar kami adalah remaja yang kami anggap selain sebagai konsumen mereka juga bisa menjadi alternative sales promotion lewat perbincangan dari mulut ke mulut.
5.3.6        Kami akan memberlakukan efesiensi tinggi, dan transparansi dengan prinsif kekeluargaan dalam setiap kegiatan kami.
5.4  RENCANA KEBERLANJUTAN

6.4.1 RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN
NO.
SUMBER
PEMASUKAN
1.
Dikti
Rp.  6.000.000,00
2.
3.
4.
5.
koperasi
fakultas
Dukungan universitas
Dukungan public lain-lain
RP.  500.000,00
RP. 500.000,00
Rp. 2.000.000,00
Rp. 700.000,00
TOTAL
Rp. 9.700.000,00

Rp100.000.000,- (SERATUS JUTA RUPIAH)
 
 


TOTAL NILAI KEBUTUHAN
PINJAMAN / MODAL

Rp1000.000,- (satu juta Rupiah)

 
 


TOTAL NILAI KEBUTUHAN
MODAL INVESTASI

Rp47.000.000,- (EMPAT PULUH TUJUH JUTA rupiah)
 
 


TOTAL NILAI KEBUTUHAN
MODAL KERJA


5.5   RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN
24 Bulan atau 2 Tahun
 
 


JANGKA WAKTU
PENGEMBALIAN

5 Bulan
 
 


MASA TENGGANG
PEMBAYARAN











5.6  AGUNAN YANG DIMILIKI
  1. Sepeda Motor MIO
  2. Personal Computer (PC)
  3. Laptop dell
  4. TV 21”
  5. Monitor LCD 2 unit
 
Jenis Agunan









  1. Laptop, Barang dijamin orisinil dan dalam kondisi 95% OK
  2. PC Prosesor Intel PIV Core 2 Duo E7400, RAM 2 GB, 160 GB hardisk, Casing Transparan, DVD RW
  3. TV Merek Vitron ada nota pembelian
  4. LCD Merek LG 18,5”
 
 


Spesifikasi dan
Keterangan Lain-lain







-       BPKB, STNK ada
-       Ada Nota Pembelian PC , Laptop, TV, dan LCD


 
 


Aspek Legalitas



Rp15.500.000,- (LIMA BELAS JUTA LIMA RATUS RIBU RUPIAH)
 
 


Nilai Agunan




























Lampiran : DENAH LOKASI PASAR KHATULIS TIWA PLAZA SEBAGAI SENTRAL BISNIS

 






















JALAN                                            JALAN




                                JL. TANJUNGPURA



J
A
L
A
N
 
 





                                                                                                                                                                                               










1 komentar:

  1. Apakah Anda membutuhkan pinjaman yang handal dan terjangkau? Jika demikian hubungi kami untuk mendapatkan
    konfirmasi cepat hari ini. Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada jaminan. Langkah Sederhana untuk Pendanaan Cepat dan suku bunga rendah dari 2%. Hubungi kami hari ini melalui email: am.credito@blumail.org

    BalasHapus