1. Planning
Berbagai batasan tentang planning dari yang
sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit. Misalnya yang sederhana saja
merumuskan bahwa perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakan untuk
mencapai suatu hasil yang diinginkan. Pembatasan yang terakhir merumuskan
perencaan
merupakan penetapan jawaban kepada enam
pertanyaan berikut :
1. Tindakan apa yang harus dikerjakan ?
2. Apakah sebabnya tindakan itu harus
dikerjakan ?
3. Di manakah tindakan itu harus dikerjakan ?
4. kapankah tindakan itu harus dikerjakan ?
5. Siapakah yang akan mengerjakan tindakan
itu ?
6. Bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan
itu ?
Menurut Stoner Planning adalah proses
menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tadi.
2. Organizing
Organizing atau pengororganisasian
adalah kumpulan dua orang atau lebih yang
bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau
sejumlah sasaran.
Organisasi
(Organizing) adalah dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang
terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran. Bila di
tinjau dari proses, maka proses itu adalah proses menyangkut bagaimana strategi
dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan diatur dalam sebuah struktur
organisasi yang tepat dan dapat bekerja secara efektif.
Pengorganisasian atau Organizing berarti mdenciptakan suatu struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi sedemikian rupa sehingga hubungan antar bagian-bagian satu sama lain dipengaruhi oleh hubungan mereka dengan keseluruhan struktur tersebut.
Pengorganisasian bertujuan membagi satu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Selain itu, mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut.
Pengorganisasian atau Organizing berarti mdenciptakan suatu struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi sedemikian rupa sehingga hubungan antar bagian-bagian satu sama lain dipengaruhi oleh hubungan mereka dengan keseluruhan struktur tersebut.
Pengorganisasian bertujuan membagi satu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Selain itu, mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut.
3. Controlling
Controlling atau pengawasan, sering juga
disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan
penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan
dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud dengan tujuan yang telah
digariskan semula.
Kendali, sering
juga disebut Pengawasan, Controlling atau, sering juga disebut pengendalian
adalah satu diantara beberapa fungsi manajemen beru-pa mengadakan penilaian, bila
perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke
jalan yang benar dengan tujuan yang telah digariskan semula. Bila ditinjau dari
proses, maka proses itu adalah proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh
rangkaian kegiatan yang telah direncanakan dan dilaksanakan bisa berjalan
sesuai target yang diharapkan. Pengawasan merupakan tindakan seorang manejer
untuk menilai dan mengndalikan jalannya suatu kegiatan yang mengarah dmi
tercapainya tujuan yang telah ditetapkan
4. Activating
Activating atau pelaksanaan adalah suatu
fungsi manajemen berupa bentuk kegiatan kerja nyata dalam suatu kegiatan
manajemen.
5. Staffing
Staffing adalah salah satu fungsi manajemen
berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan
mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada
pejabat yang lebih tinggi.
Staf merupakan
suatu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak
dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap
tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi.
6. Directing / Commanding
Directing atau Commanding adalah fungsi
manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran,
perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas
masingmasing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju
pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
Bila ditinjau dari proses, maka proses itu adalah proses pelaksanaan program
agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses
memotivasinya.
7. Coordinating
Coordinating atau pengkoordinasian merupakan
salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak
terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan
menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat
kerja sama yang terarah dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Koordinasi adalah mengimbangi dan
menggerakkan tim dengan memberikan lokasi kegiatan pekerjaan yang cocok dengan
masing-masing dan menjaga agar kegiatan itu dilaksanakan dengan keselarasan
yang semestinya di antara para anggota itu sendiri.
8. Reporting
Adalah salah satu fungsi manajemen
berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan
mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada
pejabat yang lebih tinggi.
9. Leading
Pekerjaan leading meliputi lima kegiatan
yaitu :
- Mengambil
keputusan
- Mengadakan
komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan
- Memeberi
semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
Secara unmum
pekerjaan leding meliputiPekerjaan leading meliputi empat kegiatan yaitu: 1)
Mengambil keputusan. 2) Mengadakan komunikasi agar terjadi saling pengertian
antara manajer dan bawahan. 3) Memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada
bawahan supaya mereka bertindak. 4) Mengkoordinasi kegiatan.
Memilih orang-orang yang menjadi anggota
kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka
terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.
10.Innovating
Innovating merupakan fungsi manajemen berupa
penelitian, pengembangan, dan / atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan
penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru
untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk
atau proses produksi.
11. Representing
Representing adalah fungsi manajemen berupa
adanya kesamaan dalam hal pengerjaan tugas.
12. Budgeting
Budgeting merupakan fungsi manajemen berupa
pengikhtisaran sistem anggaran keuangan. Baik itu sistem keuangan untuk jangka
pendek, menengah, dan panjang.
13. Assembling
Assembling merupakan fungsi manajemen dimana
terjadi pengurutan-pengurtan dalam hal kegiatan yang berhubungan dengan
manajemen itu sendiri.
14. Resources
Resources merupakan fungsi manajemen berupa
pemanfaat sumber daya yang ada, baik itu SDA atau SDM sehingga terjadi
ketepatgunaan.
15. Motivating
Motivating atau pemotivasian kegiatan
merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi, semangat dan
dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara suka rela
sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.
16. Actuating
Actuating adalah suatu tindakan untuk
mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai
dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. Jadi actuating
artinya adalah menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau
penuh kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki
secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan (leadership).
17. Communication
Communication merupakan suatu proses
penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain
agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi
dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua
belah pihak. Dalam hal ini komunikasi yag terjadi diantara hierarki
kepemimpinan.
18. Decision Making
Dicision Making merupakan fungsi manajemen
yang dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau
kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa
alternatif yang tersedia. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan
satu pilihan final . Keluarannya bisa berupa suatu tindakan (aksi) atau suatu
opini terhadap pilihan.
19. Improving
Improving adalah salah satu fungsi manajemen
dalam hal peningkatan mutu kegiatan, kepemimpinan, kerjasma, dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar