TUGAS
MAKALAH RISET PEMASARAN
NAMA :
AMIN SINARJO
NIM. F31111008
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
PONTIANAK
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pemasaran
merupakan suatu kegiatan yang di lakukan oleh organisasi dan bisnis dalam
rangka mencapai tujuan yang telah dan akan ditetapkan. kegiatan pemasaran
sangat luas mulai dari sebelum di lakukanya proses produksi yaitu riset pasar
dalam upaya merumuskan perencanaan (planning) produk dengan mempelajari
potensi-potensi yang dapat di eplorasi menjadi sebuah tujuan organisasi baik
berupa keuntungan lembaga (profit) maupun manfaat sosial (benefit) untuk
meningkatkan drajat hidup dan memenuhi kebutuhan dan keinginan (proses mengubah
keinginan menjadi kebutuhan). hingga memasuki proses produksi dan penjualan
(organizing dan actuating) sampai pada proses pelayanan purna jual (controling)
untuk memastikan bahwa produk yang telah di ciptakan sesuai dengan keinginan
dan kebutuhan pasar dan mengawasi standar produk dan jasa yang di tawarkan
serta menganalisis dan mendeteksi peningkatan dan perubahan pola kegiatan
pemasaran, kebutuhan dan keinginan untuk kemudian melakukan pengembangan produk
dan jasa yang ditawarkan dengan segala
segmentasi dan klasifikasi pemasaran.
Berdasarkan
uraian diatas dapat di pastikan bahwa pemasaran bukan hanya sekedar penjualan
seperti yang berkembang di masyrakat, istilah pemasaran telah mengalami
perluasan makna dalam kaitannya dengan edukasi management pemasaran, namun
dalam masyrakat masih saja ada yang menyamakan istilah pemasara dengan
penjualan. Padahal terlihat perbedaan yang mencolok Antara pelamasarn dengan
penjualan dan pasar. Pemasaran ruang lingkupnya lebih luas (tidak terbantahkan)
dan pemasaran adalah suatu kegiatan bukan tempat bertemunya antara penjual dan
pembeli.
Ruang
lingkup pemasaran yang luas menyebabkan lingkungan riset pemasaran menjadi
sangat luas sehingga di bedakan menjadi dua bentuk : Perbedaan berdasarkan
luang lingkup; Makro dan mikro serta perbedaan berdasarkan lingkungan; Internal
dan ekternal, meski perdebatan mengenai keduanya belum menemui kata sepakat
yang akan di gunakan dalam istilah pemasaran namun keduanya memiliki fungsi
yang sama yaitu ; Sebagai pertimbangan dalam menentukan focus dan arah kegiatan
management dan organisasi merlukan kegiatan analisis yang utuh, menyeluruh
serta mendalam melalui proses riset dengan mengunakan instruement observasi dan
metode survei. Riset pasar bukan hanya di lakukan sebelum memasuki proses
produksi tetapi juga setelah produksi yaitu pengembangan, hasil riset juga
dapat digunakan untuk pengembangan produk, produksi, pemasaran dan penjulan
barang itu sendiri.
Untuk
mengetahui hal ini lebih jelas makanya dianalisis secara substantive mengenai
riset pasar.
B. RUMUSAN MASALAH
1.
Apa saja maksud riset pasar?
2.
Apa saja metode riset pasar?
3.
Apa saja instrument riset pasar?
C. TUJUAN
1.
Untuk mengetahui maksud riset pasar?
2.
Untuk mengetahui metode riset pasar?
3.
Untuk mengetahui instrument riset pasar?
BAB II
PEMABAHASAN RISET PEMASARAN
Riset
pemasaran mencakup ruang lingkup yang sangat laus diantaranya yaitu : riset
pasar, riset penjualan, riset barang produksi, riset ekonomi perusahaan, riset
periklanan, riset saluran distribusi, riset lingkungan.
Dengan
berbagai prosedur penelitian pada umumnya, yaitu : perumusa persoalan (objek),
menentukan sumber informasi (subjek), mempersiapkan dan merumuskan formulir
pengumpulan data, menentukan sampling data, pengumpulan data di lapangan dan
pengolahanya, menganalisis dan mengolah data, membuat laporan riset.
A. PENGERTIAN RISET PASAR
Secara
etimologi riset pemasaran berasal dari Bahasa inggris yaitu “marketing research” adalah suatu riset
(penelitian) tentang data-data yang berhubungan dengan setiap masalah di bidang
pemasaran.
Menurut
pendapat Richard crips, riset
pemasaran adaah studi dan penelusuran yang sistemeatik, obyektif, dan
menyeluruh dari fakta-faktayang mempunyai kaitan erat (relevant) dengan setiap
masalah dalam lingkungan pemasaran.
Menurut
lembaga research on any phase of
marketing riset pemasaran adalah riset pada setiap fase kegiatan pemasaran.
Menurut American Marketing
Association (AMA) memberikan
definisi resmi mengenai riset pemasaran pada tahun 1987 sebagai :
“Fungsi
yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan masyarakat umum dengan pemasar
melalui informasi. Informasi ini digunakan untuk mengidentifikasi dan
menentukan peluang dan masalah pemasaran; merumuskan, menyempurnakan dan
mengevaluasi tindakan-tindakan pemasaran; memantau kinerja pemasaran; dan
menyempurnakan pemahaman yang dapat membuat aktivitas pemasaran lebih efektif.
Riset pemasaran menentukan informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan
tersebut; merancang metode untuk pengumpulan informasi; mengelola dan
mengimplementasikan proses pengumpulan data; menganalisis hasil-hasil yang
diperoleh; dan mengkomunikasikan hasil temuan dan implikasinya”.
Berdasarkan beberapa definisi diata sdapat di simpulkan bahawa
pengertian pemasaran harus memenuhi beberapa unsur sebagai berikut :
1.
Riset pasara dalah kegiatan mememnuhi
kebutuhan dan nkeinginan konsumen.
2.
Riset pasara adalah proses analisis dan
kajian mengenai informasi dan data mengenai keadaan pasar (konsumen).
3.
Riset pemasaran adalah kegiatan penelitian
yang mendalam dan menyeluruh mengenai lingkungan makro dan mikro pemasaran.
4.
Riset pemasaran adalah suatu kajian yang
berdasarkan skala waktu, skala proses, skala tempat, skala produk, yang
berorenasi pada konsumen.
5.
Riset pasar memiliki fungsi sebagai
acuan dalam mengambil kebijakan management mengenai jenis produk dan basis
produksi ntuk mengupayakan terpenuhinya kebutuhan dan keingiann konsumen.
6.
Riset pasar juga di gunakan untuk
mengambil kebijakan mengenai penciptaan dan pengembangan produk, produksi,
pemasaran dan penjualan.
Jadi riset pemasaran merupakan suatu
kegiatan analisis dan kajian (penelitian) secara mendalam, meyeluruh dan utuh
mengenai lingkungan dan variabel yang mempengaruhi pemasaran bagi kepentingan
dan pertimbangan management dalam menegambil keputusan untuk mengupayakan dan
menjamin terpuasnya kebutuhan dan keinginan konsumen untuk dalam jangka waktu,
tempat serta skala proses produksi.
B. JENIS PENDEKATAN DAN METODE RISET
PASAR
Metode
dan pendekatan riset pasar sama seperti metodelogi riset pada umumnya namun
yang membedakan ialah objeknya yaitu tentang suatu keutuhan, keseluruhan dan
mendalam mengenai ingkungan dan variabel dalam pemasaran.
Pendekatan
pemasaran dapat mengunakan pendekatan kulitatif dan kuantitatif. Namun umunya
riset pasar mengunakan pendekatan riset kualitatif karena memperlajari varibel
dan lngkungan pemasaran secara mendalam, utuh dan menyeluruh secara empiris
tanpa mengabaikan objketifitas dalam penelitian.
Dalam
riset pasar metode yang di gunakan sangat mendalam tergantung dari jenis,
pendekatan dan tujuan yang ingin dicapai harus konsisten dan disesuikan pada
ketiga hal tersebut (relevan).
Metode riset yang paling sering di gunakan
dalam riset pemasaran adalah :
1. Quisioner ; Cara pertama ini adalah memberikan daftar
pertanyaan seputar data yang Anda perlukan untuk usaha Anda, Anda perlu
menyiapkan responden dari konsumen potensial yang akan menjawab quisioner.
Biasanya supaya responden bertanggung jawab penuh dengan jawaban dalam quisioner
maka sebaiknya Anda memberikan imbalan yang sesuai, seperti souvenir atau
sejumlah uang.
2. Riset Grup ; Cara kedua ini dengan membentuk sekelompok
orang dari populasi utama pasar potensial Anda. Tugas mereka adalah
menyampaikan apa yang mereka butuhkan, merasakan produk Anda dan memberikan
pendapat seputar produk yang mereka rasakan tadi. Mereka juga bisa dimintai
pendapat mereka soal apa yang perlu Anda perbaiki seputar produk Anda.
Lagi-lagi Anda perlu menyediakan kompensasi seputar jasa dari grup ini.
3. Survey ; Ini adalah cara terakhir dan cara paling
populer. Disini Anda membuat survey dengan mengajukan pertanyaan sederhana dan
simpel seputar produk yang akan Anda riset. Survey biasanya bersifat random dan
kerap kali sukarela. Jadi jangan sampai pertanyaan Anda menyita dan menganggu.
Tapi belakangan istilah survey juga bisa merupakan nama lain dari quisioner.
C.
JENIS
INSTRUMENT RISET PASAR
Instruemen riset pasar seperti pada
kegiatan riset umumya : yaitu melihat dan di sesuaikan pada jenis data yang di
perlukan, data primer misalnya : objek yang langsung memberikan informasi
kepada peneliti yaitu mitode yang sesuai adalah pengamatan (Observasi) dan
wawancara (interview), dan data skunder ata yang tidak langsung memberikan
informasi kepada peneliti yaitu dukumentasi.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Pemasaran
mencakup ruang lingkup yang sangat laus mulai dari sebelum prose produksi
sampai pada promosi (pengenalan) dan penjualan serta purna jual dengan satu
tujuam yaitu untuk mengupayakan dan menjamin terpuasnya kebutuhan dan keinginan
pelanggan (konsumen) dan riset pemasaran juga mencakup semua hal dalam bidang
pemasaran.
Riset
pemasaran adalah kegiatan dalam mempelajari, meneliti, menganalisis secara
mendalam mengenai lingkungan dan variable pemasaran secara utuh, menyeluruh.
Baik mengunakan pendekatan kulitatif (berdasarkan focus masalah) maupun
pendekatakan kuantitatif (berdasarkan variable) dengan metode dan sitematika
penelitian pada umumnya harus konsiten dan relevan dengan tujuan dan sumber
data yang di cari secara empiris tanpa mengabaikan objektifitas dalam
penelitian.
B. SARAN
Sebelumnya
penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam
penulisan makalah ini, seperti yang penuli sadari bahwa Makalah ini masih jauh
dari kesempurnaan maka dari itu saya sebagai penulis meminta masukan, kritik,
saran dan keterlibatan pembaca yang konstruktif dalam upaya perbaikan dan
verifikasi makalah ini kedepanya. Akhirnya semoga makalah ini bermanfaat untuk
kita dan pembaca pada umumnya.
SUMBER
BUKU
Buku ajar SMK Pemasaran
kelompok bisnis dan management yang di terbitkan oleh CV. Armico, di bandung
tahun 1996
Tedjasutisna, Ating.
(1994). Buku Ajar SMK Pemasaran Elompok Bisnis Dan Management. Bandung, CV.
Armico
SUMBER
ARTIKEL DAN BLOG Aminsinarjo
Strategi Pemasaran
dalam perdagangan bebas http://aminsinarjoeccomic.blogspot.com/2013/01/marketing-management-method-kompetition.html
3 Metode Yang Paling Populer Dalam Melakukan
Riset Pasar http://danausaha.net/3-metode-paling-populer-dalam-melakukan-riset-pasar.html
Riset Pemasaran Dan Peramalan Permintaan http://desyyana.student.unej.ac.id/?p=38
Tidak ada komentar:
Posting Komentar